Model gaya kepemimpinan transformati Kepala Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al Ma'arif Cilageni MTs Darul Fitri dan MTs Persis 160 Kecamatan Leles Kabupaten Garut

Sopian, Encep (2022) Model gaya kepemimpinan transformati Kepala Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al Ma'arif Cilageni MTs Darul Fitri dan MTs Persis 160 Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan peneliti bahwa model gaya kepemimpinan kepala madrasah merupakan sifat yang melekat pada pimpinan. Maju mundurnya lembaga ditentukan oleh pemimpinnya. Di era perubahan ini kepemimpinan sangat penting dalam memandu peningkatan prestasi dan pengembangan madrasah. Dalam hal ini tentu diperlukan tipe pemimpin yang transformasional karena tipe pemimpin ini mempunyai gambaran yang jelas mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran madrasah ke arah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendekripsikan model gaya kepemimpinan transformatif kepala madrasah dalam memberikan pengaruh yang ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan pertimbangan kebijakan individu terhadap warga madrasah. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data diabsahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga kepala madrasah tersebut menggunakan model kepemimpinan transformatif yang sesuai dengan dimensi empat model kepemimpinan diantaranya: memiliki sifat kharismatik, mampu menginspirasi guru dan karyawan, memberi dorongan atau motivasi untuk berfikir lebih kreatif dan selalu berinovasi, serta memberikan perhatian melalui sikap terbuka kepada mereka untuk bisa lebih baik lagi. Kemudian ketiga kepala madrasah memiliki pengaruh ideal seperti rasa tanggung jawab, tegas, dan disipin baik kepada para guru dan bawahan. Potret kepemimpinan tersebut peneliti dapatkan dari implementasi yang sudah dilakukan oleh kepala madrasah, misalnya kepala madrasah sudah mulai mewujudkan visi-misi madrasah dengan kemampuan manajerial yang baik, selalu meningkatkan kinerja guru dan karyawan melalui motivasi yang diberikan, dan memiliki inovasi dan kreatifitas dalam memajukan madrasahnya. Ini terbukti dari adanya perkembangan sistem ICT, program unggulan bidang tahfdz, mengutamakan kesejahteraan guru ,dan perlengkapan sarana ruang laboratorium yang lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Transformatif, Kepala Madrasah.
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Encep Sopian
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:46
Last Modified: 30 Aug 2022 03:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55296

Actions (login required)

View Item View Item