Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi

Maulana, A. (2022) Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di salah satu Madrasah Aliyah yang berada di Kabupaten Sukabumi, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi terbilang rendah, aktivitas pembelajaran di kelas cenderung pasif, dan model pembelajaran yang dipakai oleh guru kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design, dengan jenis desain one-group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata aktivitas guru sebesar 94% dan aktivitas siswa sebesar 94% dengan kategori sangat baik, peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai n-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, dan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai 84% berkategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble pada materi sistem reproduksi terlaksana dengan sangat baik, meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori tinggi, dan mendapat respon sangat baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Scramble; Sistem Reproduksi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: A Maulana
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:34
Last Modified: 26 Aug 2022 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55198

Actions (login required)

View Item View Item