Peran orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini (4-6 tahun) di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di Perumahan Rancaekek Permai Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kab. Bandung

Amalia, Syifa (2022) Peran orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini (4-6 tahun) di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di Perumahan Rancaekek Permai Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada sektor pendidikan, salah satunya yaitu dengan diberlakukannya kebijakan proses pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dimana kebijakan tersebut telah menyebabkan perubahan pada cara belajar anak serta peran orang dalam memberikan pengawasan dan bimbingannya. Penelitian ini membahas mengenai peran orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19, penelitian ini dilakukan di Perumahan Rancaekek Permai Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Pendidikan menjadi salah satu aspek dalam kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan diantaranya yaitu penetapan proses pembelajaran yang harus menyesuaikan kebijakan yang berlaku di masing-masing daerah dengan melihat kondisi penyebaran virus Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Pertama, peran orang tua dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kedua, upaya orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19, dan Ketiga, kendala orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Melalui metode tersebut peneliti dapat menemukan informasi secara lebih mendalam mengenai peran orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19 melalui wawancara, observasi serta studi kepustakaan yang berkaitan dengan peran orang tua. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik, dan adapun upaya yang dilakakan orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak usia dini tersebut diantaranya yaitu dengan cara memberikan pendampingan belajar ketika di rumah, memberikan fasilitas belajar di rumah, menjalin komunikasi yang baik dengan anak serta memberikan motivasi belajar kepada anak. Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam memenuhi hak atas pendidikan anak di Perumahan Rancaekek Permai Desa Rancaekek Permai Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung berasal dari dalam diri anaknya sendiri yaitu seperti adanya rasa malas, jenuh ataupun lelah serta dikarenakan juga oleh kurangnya waktu orang tua dalam memberikan pengajaran kepada anaknya ketika di rumah. Implikasi dari penelitian ini yaitu: Pertama, orang tua tidak mengabaikan peranannya sebagai pendidik, terutama bagi pendidikan anak usia dini. Kedua, orang tua dapat terus memberikan perhatian pada hal-hal yang dapat mendukung pendidikan anak. Ketiga, orang tua dapat menerapkan kedisiplinan serta memberikan pengetahuan akan pentingnya sebuah pendidikan bagi anak dan masa depannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Peran Orang Tua; Proses Pembelajaran
Subjects: Education > Sociology of Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Syifa Amalia
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:56
Last Modified: 19 Sep 2022 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55183

Actions (login required)

View Item View Item