Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada materi ekosistem

Chaniago, Istibsyara Eka Saputri (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada saat ini ialah siswa kesulitan berkomunikasi secara tulisan karena siswa sebelumnya tidak pernah ditugaskan untuk mengerjakan soal analisis dalam bentuk penyajian gambar, grafik, diagram atau tabel karena siswa lebih berpusat pada hafalan konsep saja. Siswa juga mengalami kesulitan berkomunikasi secara lisan, hal ini terlihat dari siswa yang belum termotivasi dalam mengajukan pertanyaan, mengungkapkan pendapat serta menjawab pertanyaan sehingga siswa sulit untuk berkomunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tahapan model pembelajaran Snowball Throwing terdapat kerjasama dalam anggota kelompok, sehingga dari kegiatan tersebut dapat melatih peserta didik agar memiliki kompetensi kerjasama dan keterampilan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi Ekosistem. Metode dalam penelitian ini bersifat Pre-Experimental Design. Analisis data didapatkan dari hasil pretest-posttest siswa dengan pengujian lima indikator keterampilan berkomunikasi. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi yang tinggi yaitu indikator membuat bagan dengan perolehan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,50. Lalu indikator yang rendah ialah indikator membuat tabel dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,17. Perolehan N-Gain dari semua indikator sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Artinya keterampilan berkomunikasi siswa terdapat peningkatan dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat melatih keterampilan berkomunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Snowball Throwing; Keterampilan Berkomunikasi; Materi Ekosistem;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Istibsyara Eka Saputri Chaniago
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:13
Last Modified: 25 Aug 2022 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55181

Actions (login required)

View Item View Item