Manajemen pembiayaan fasilitas pendidikan Islam : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Juara Bandung dan SMP Al Ma’soem Bandung

Ni'mawati, Ni'mawati (2022) Manajemen pembiayaan fasilitas pendidikan Islam : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Juara Bandung dan SMP Al Ma’soem Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)

Abstract

Fasilitas Pendidikan merupakan salah satu komponen pendidikan untuk mencapai prestasi belajar. Dalam realitasnya, pengadaan fasilitas pendidikan yang representatif terdapat berbagai kendala seperti kekurangan dana, kreativitas pengelola dalam menggali sumber biaya, dan pengelolaan yang tidak profesional. Diatara sekolah yang melakukan upaya pemenuhuan fasilitas pendidikan yang representatif adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Juara Bandung dan SMP Al Ma’soem Bandung. Kedua sekolah tersebut mendayagunakan Ziswaf dan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembiayaan pendidikan. Tujuan penelitian dalam disertasi ini adalah untuk mendeskripsikan: perencanaan pembiayaan fasilitas pendidikan, pelaksanaan pembiayaan fasilitas pendidikan, pengawasan pembiayaan fasilitas pendidikan, faktor pendukung dan penghambat pembiayaan fasilitas pendidikan dan dampak pembiayaan fasilitas pendidikan terhadap prestasi belajar di SMP Juara Bandung dan di SMP Al Ma’soem Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis untuk menganalisis kebutuhan informasi mengenai manajemen pembiayaan pendidikan Islam khususnya berkaitan dengan fasilitas pendidikan dan dampaknya terhadap prestasi belajar di SMP Juara Bandung dan SMP Al Ma’soem Bandung. Selanjutnya teori yang digunakan adalah teori manajemen untuk grand theory, teory pembiayaan pendidikan untuk middle theory, dan teori prestasi belajar sebagai aplicative theory. Hasil penelitian: 1) SMP Juara Bandung dan SMP Al Ma’soem Bandung melakukan perencanaan pembiayaan fasilitas pendidikan dengan terstruktur dengan cara menentukan rencana anggaran, sumber dana, memformulasikan rencana anggaran, melakukan revisi usulan anggaran dan pengesahan anggaran; 2) Pelaksanaan pembiayaan fasilitas pendidikan di kedua sekolah ini yakni untuk pembiayaan fasilitas berupa investasi bangunan dilaksanakan oleh yayasan sedangkan fasilitas media pembelajaran dilaksanakan oleh sekolah. 3) Pengawasan pembiayaan fasilitas pendidikan di kedua sekolah ini dilakukan setiap bulan dengan cara menyerahkan pelaporan pertanggungjawaban ke yayasan. Monitoring dana BOS dilakukan oleh komite sekolah dan pemerintah yang terkait. 4) Faktor pendukung pembiayaan fasilitas pendidikan di kedua sekolah ini adalah memperoleh dana BOS dari pemerintah, pengelola yang memiliki integritas, fasilitas pendidikan yang mendukung dan gaji guru yang memadai, pengelola melakukan respon yang baik terhadap pemenuhan fasilitas, dan pendayagunaan Ziswaf dan CSR. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterlambatan pencairan dana dari pemerintah, keterlambatan atau tunggakan pembayaran dana dari orang tua siswa, pembiayaan fasilitas pendidikan tergantung pada kebijakan yayasan, dan keterlambatan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban. 5) Pembiayaan fasilitas pendidikan di kedua sekolah ini memberikan dampak yang positif pada prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan; Fasilitas; Pendidikan Islam;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Ni'mawati Ihwanudin
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:30
Last Modified: 25 Aug 2022 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55171

Actions (login required)

View Item View Item