Pemberdayaan masyarakat nelayan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE): Penelitian tentang pemberdayaan ekonomi pada masyarakat nelayan Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

Apriyani, Fitri (2022) Pemberdayaan masyarakat nelayan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE): Penelitian tentang pemberdayaan ekonomi pada masyarakat nelayan Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya pembangunan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat agar tercapainya kehidupan yang sejahtera. Kemampuan tersebut dapat mencakup kemandirian untuk berpikir, bertindak dan mengendalikan hal-hal yang terjadi di kehidupannya. Kelompok Usaha Bersama (Kube) merupakan kumpulan orang yang saling bekerja sama juga memiliki tujuan yang sama dalam melaksanakan kegiatan sosial yang ditentukan untuk mengatasi masalah dan mengembangkan kemampuan mereka dalam meningkatkan kualitas hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mekanisme program Kelompok Usaha Bersama (Kube) dalam memberdayakan perekonomian masyarakat nelayan, faktor pendukung dan penghambat dalam memberdayakan perekonomian masyarakat nelayan serta hasil yang dicapai program Kelompok Usaha Bersama (Kube) dalam memberdayakan perekonomian masyarakat nelayan di Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parsons. Pada penelitian ini, Peneliti memusatkan pada skema AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration dan Latency) dalam melihat pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Usaha Bersama (Kube) Nelayan Pantai Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat nelayan melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) Nelayan Pantai Selatan sudah cukup baik, dimana program pemberdayaan tersebut mampu meningkatkan pendapatan, pengetahuan dan keterampilan pada masyarakat nelayan di Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. Faktor pendukung dalam pemberdayaan masyarakat nelayan melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) yaitu potensi perikanan yang tersedia, kerjasama yang baik dan adanya motivasi untuk berubah. Adapun faktor penghambat diantaranya kurangnya dana serta keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia di Desa Bayah Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Nelayan; Kelompok Usaha Bersama
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fitri Apriyani
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:54
Last Modified: 25 Aug 2022 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55169

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item