Pengaruh pengawasan orang tua terhadap perilaku sosial remaja: Studi di perumahan Graha Pratama desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur

Safarini, Fatia Permas (2022) Pengaruh pengawasan orang tua terhadap perilaku sosial remaja: Studi di perumahan Graha Pratama desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberagaman perilaku sosial remaja akibat dari perkembangan zaman yang mana orang tua harus ekstra dalam mengawasi. Peneliti ingin mengetahui bagaimana pengawasan orang tua terhadap anaknya di Perumahan Graha Pratama Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Subjek di penelitian ini adalah remaja yang bertempat tinggal di Perumahan Graha Pratama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengawasan orang tua terhadap anaknya, perilaku sosial remaja, dan melihat adanya pengaruh pengawasan orang tua terhadap perilaku sosial remaja di Perumahan Graha Pratama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Behavior Sociology B.F. Skinner. Teori ini berpusat pada hubungan akibat dari tingkah laku yang ada dalam lingkungan dengan tingkah laku individu. Skinner menyatakan bahwa perilaku sosial adalah respons yang dipengaruhi oleh stimulus yang datang dari luar. Dalam penelitian ini, stimulus tersebut berasal dari orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data melalui kuesioner, studi kepustakaan, dan observasi. Pengambilan sampel melalui sampel acak sederhana. Populasi sebanyak 281 dan dihasilkan 74 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa korelasi product moment Pearson, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara pengawasan orang tua terhadap perilaku sosial remaja. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi antara X dan Y didapat nilai korelasi (r) sebesar 0,331 menunjukkan hubungan yang kecil. Hasil regresi didapat persamaan regresinya Ŷ = 34,221 = 0,579 X dengan signifikansi 0,004. Pengujian menggunakan tingkat signikansi 0.1 dan 2 sisi (α = 10%). Berdasarkan output program SPSS 25, maka didapat nilai thitung sebesar 2,979. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signfikansi 0,1 dengan derajat kebebasan df = n-2 = 72. Hasil yang diperlibatkan pada ttabel sebesar 1,666. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan sebesar 0,004, jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0,1 atau (10%) maka nilai tersebut 0,004 < 0,1 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada pengaruh pengawasan orang tua terhadap perilaku sosial remaja sebesar 11%. Sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh variabel di luar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Orang Tua; Perilaku Sosial; Remaja.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Culture and Institutions > Parenthood
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fatia permas safarini
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:15
Last Modified: 25 Aug 2022 02:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55168

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item