Strategi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dalam meningkatkan kepercayaan Muzakki : Studi deskriptif di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi

Muhidin, Muhidin (2018) Strategi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dalam meningkatkan kepercayaan Muzakki : Studi deskriptif di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, zakat merupakan salah satu instrumen penting untuk membangun kesejahteraan umat. Sehingga diperlukan perhatian khusus strategi pengelolaan zakat yang efektif dan efesien. Oleh karena itu, strategi pengelolaan dana zakat yang baik akan menciptakan kepercayaan masyarakat sehingga masyarakat akan terdorong menyalurkan zakat pada UPZ dari pada menyalurkan langsung pada mustahik. UPZ Kecamatan Ciracap merupakan instititusi yang bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan dana zakat yang terhimpun. Sehingga, diperlukan strategi yang baik untuk meningkatkan kepercayaan muzakki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perumusan dan implementasi strategi yang digunakan oleh UPZ Kecamatan Ciracap untuk meningkatkan kepercayaaan muzakki J.David Hunger dan Thomas wheleen menuturkan bahwa ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menentukan strategi, yang pertama adalah perumusan strategi yang berkaitan dengan visi dan misi dan yang kedua adalah implementasi strategi yang terdiri dari program, anggaran, dan prosedur. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, analisis data dilakukan secara bersamaan dengan pengumpulan data. Proses analisis bersifat induktif, yaitu pengumpulan informasi informasi khusus menjadi satu kesatuan dengan jalan mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasikannya serta buku-buku yang mempunyai hubungan dengan permasalahan dan pembahasan dalam penulisan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses perumusan dan implementasi strategi di UPZ Kecamatan Ciracap telah melalui beberapa tahap, mulai dari pembentukan visi dan misi sampai pelaksanaan program. sehingga secara proses perumusan dan implementasi strategi yang dilaksanakan oleh UPZ Kecamatan Ciracap sesuai dengan teori yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Unit Pengumpulan Zakat; Kecamatan Ciracap
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhidin Muhidin
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:36
Last Modified: 24 Aug 2022 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55158

Actions (login required)

View Item View Item