Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantu Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi

Nuraeni, Ai (2022) Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantu Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran proble based learning yang jarang sekali diterapkan pada pembelajaran biologi. Hal ini berpengaruh salah satunya pada kemampuan berpikir kritis siswa yang redah dilihat dari kurangnya kemampuan menemukan masalah dan mencari solusi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, menganalisis kemampuan berpikir kritis, pengaruh dan respon terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbantu Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas XI MIPA 7 sebanyak 32 siswa dan XI MIPA 8 Sebanyak 32 Siswa disalah satu SMA Negeri Kabupaten Garut. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS berbantu Liveworksheets memperoleh rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 94% dan 92% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 27 dengan kategori rendah dan untuk nilai rata-rata posttestnya 69 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 31 dengan kategori rendah dan nilai rata-rata posttestnya sebesar 59 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran memiliki nilai rata-rata 82% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji Mann-Whitney menunjukan (Asymp. sig. 2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SSCS berbantu Liveworksheets berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Biologi; Pengaruh; SSCS; Liveworksheets; Berpikir Kritis, Sistem Reproduksi
Subjects: Education
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ai Nuraeni
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:44
Last Modified: 25 Aug 2022 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55138

Actions (login required)

View Item View Item