Kualitas kemampuan aparat Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa di Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Intansari, Fynka Apriliani Putri (2022) Kualitas kemampuan aparat Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa di Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan SDM yang memadai menjadi satu tolak ukur terciptanya pemerintahan yang baik. Namun pada kenyataannya kemampuan aparat pemerintah desa di Desa Cibiuk masih terkendala oleh beberapa hal, diantaranya kemampuan aparat desa dalam pengelolaan keuangaan desa masih belum optimal, kurangnya pelatihan pengembangan kemampuan aparat desa, serta keterbatasan dalam sarana dan prasarana penunjang pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kemampuan teknis aparat desa, kemampuan sosial aparat pemerintah desa dan kemampuan konseptual aparat dalam pengelolaan di desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Adapun teori yang peneliti gunakan yaitu teori kemampaun yang dikembangkan Hersey & Blandchard (1994) yang mana menurutnya terdapat tiga dimensi untuk mengetahui kualitas kemampuan pada aparat desa, yaitu kemampuan teknis, kemampuan sosial dan kemampuan konseptual. Pada metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu jenis penelitian yang temuannya tidak harus tergantung kepada data statistic atau dalam bentuk hitungan lainnya. Dan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, serta wawancara. Adapun teknik pengambilan informan peneliti menggunakan teknik purpose sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas kemampuan aparat pemerintah desa Cibiuk sudah baik. Namun ada beberapa indikator yang belum tercapai, diantaranya pemahaman aparat desa Cibiuk dalam peraturan pengeloaan masih rendah, sarana dan prasarana penunjang dalam pengelolaan keuangan masih terbatas serta pelatihan kemampuan aparat pemerintah desa masih kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Aparat Pemerintah Desa; Pengelolaan Keuangan Desa;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fynka Apriliani Putri Intansari
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:54
Last Modified: 22 Aug 2022 04:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55113

Actions (login required)

View Item View Item