Kepastian hukum kompilasi hukum Islam dan penerapannya dalam putusan pengadilan di Lingkungan Peradilan Tinggi Agama Jakarta

Abid, Abid (2022) Kepastian hukum kompilasi hukum Islam dan penerapannya dalam putusan pengadilan di Lingkungan Peradilan Tinggi Agama Jakarta. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari latar belakang masalah bahwa Kompilasi Hukum Islam tidak termasuk kedalam hierarki peraturan perundang-undangan yang berlaku, kepastian hukumnya tidak sama dengan undang-undang, di samping itu masih banyak materi hukum yang tidak dijelaskan secara tuntas, maka problem akademik dari penelitian ini adalah kedudukan Kompilasi Hukum Islam yang bertujuan mengisi kekosongan hukum justru banyak materi dalam perkara hukum yang belum dijelaskan sehingga memerlukan pembaharuan dan penambahan pasal-pasalnya bahkan di sisi lain memerlukan penguatan supaya menjadi bagian dari hierarki peraturan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) kedudukan Kompilasi Hukum Islam dan penerapannya yang dijadikan landasan hukum materil oleh para hakim di pengadilan agama; (2) Menganalisis kelebihan dan kekurangan kedudukan Kompilasi Hukum Islam dalam perspektif yuridis normatif, yuridis sosiologis, dan yuridis filosofis; dan (3) Menganalisis upaya transpormatif untuk penguatan kedudukan Kompilasi Hukum Islam sebagai hukum terapan di lingkungan Peradilan Agama dan menempati bagian dari hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan teori credo atau syahadah yang menyatakan bahwa orang Islam harus taat dan tunduk kepada otoritas hukum Allah, sedangkan middle theory nya menggunakan teori kepastian dan keadilan hukum dengan aplicative theory yakni teori pembaharuan hukum keluarga. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empirik sedangkan metode penelitiannya analisis interpretatif terhadap bahan hukum primer, sekunder, dan tertier. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan pengamatan persidangan di pengadilan agama, dokumentasi hukum, dan studi kepustakaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis empiric, sedang metede yang digunakan deskriptif analitik. Adapun Teknik penelitian adalah wawancara dengan beberapa responden dan studi dokumentasi. Kedudukan Kompilasi Hukum Islam dalam sistem hukum nasional digunakan sebagai landasan hukum materil dalam memutus perkara untuk kesatuan hukum dalam wawasan nasional pada masyarakat Islam di Indonesia, untuk menyeragamkan putusan dalam perkara yang sejenis. Kelebihan Kompilasi Hukum Islam dapat memudahkan hakim mengambil landasan yuridis normatif untuk memutus perkara yang disidangkan di tingkat pertama, banding dan kasasi. Kelemahannya penerapan Kompilasi Hukum Islam dipandang kurang memiliki kekuatan yuridis dikarenakan Kompilasi Hukum Islam bukan merupakan bagian dari hierarki peraturan perundang-undangan yang mengikat. Kompilasi Hukum Islam memerlukan penguatan dari segi kepastian hukum dengan meningkatkannya menjadi Undang-undang sebagai hukum materil yang memiliki kekuatan dan kepastian hukum sebagai bagian dari hieraeki peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kepastian Hukum; Kompilasi Hukum Islam; Putusan Pengadilan
Subjects: Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:14
Last Modified: 19 Aug 2022 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55088

Actions (login required)

View Item View Item