Pengaruh aktivitas mengaji di luar jam sekolah terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian kuantitatif pada siswa MTs Miftahul Falah

Arbiba, Moch Fajar (2022) Pengaruh aktivitas mengaji di luar jam sekolah terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian kuantitatif pada siswa MTs Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya motivasi belajar siswa di masa Pandemi Covid-19 dan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara mengaji dan motivasi belajar. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai pengaruh aktivitas mengaji terhadap motivasi belajar siswa yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas mengaji di luar jam sekolah siswa MTs Miftahul Falah; 2) Motivasi Belajar Siswa Mts Miftahul Falah; dan 3) Pengaruh aktivitas mengaji di luar jam sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MTs Miftahul Falah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas mengaji di luar jam sekolah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua hipotesis yaitu 1) aktivitas mengaji diluar jam sekolah (X) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) di MTs Miftahul Falah, dan 2) Aktivitas mengaji diluar jam sekolah (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) di MTs Miftahul Falah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk uji instrumen, uji asumsi kalsik untuk uji prasyarat, dan uji t untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas mengaji di luar jam sekolah siswa MTs Miftahul Falah tergolong dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,86; 2) Motivasi belajar siswa di MTs Miftahul Falah tergolong dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,77; dan 3) Aktivitas mengaji di luar jam sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Miftahul Falah sebesar 28,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Mengaji di Luar Jam Sekolah; Motivasi Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Fajar Arbiba
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:47
Last Modified: 18 Aug 2022 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55082

Actions (login required)

View Item View Item