Hubungan antara tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed Of Hero” produksi Barajoun Entertainment dengan tingkat pencapaian perkembangan moral : Penelitian di kelompok B RA Miftahul Jannah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Putri, Melindha Dwi (2022) Hubungan antara tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed Of Hero” produksi Barajoun Entertainment dengan tingkat pencapaian perkembangan moral : Penelitian di kelompok B RA Miftahul Jannah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ini dilatarbelakangi karena adanya antusiasme anak saat ditayangkan film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertainment, seperti anak menirukan adegan dalam film baik gerakan maupun perkataan, memberikan respon atau tanggapan, dan anak memperhatikan film dengan seksama. Namun di sisi lain tingkat pencapaian perkembangan moral di kelompok B RA Miftahul Jannah Sumedang belum optimal, seperti anak kerap mengeluarkan perkataan kasar, bertindak tidak sopan kepada orang yang lebih tua, serta tidak menghargai teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertaintment; (2) tingkat pencapaian perkembangan moral di Kelompok B RA Miftahul Jannah; dan (3) hubungan antara tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertainment dengan tingkat pencapaian perkembangan moral di Kelompok B RA Miftahul Jannah Sumedang. Perkembangan moral dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertaintment. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertaintment semakin tinggi pula tingkat pencapaian perkembangan moral anak, demikian pula sebaliknya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, dimana populasi penelitian ini adalah anak di Kelompok B RA Miftahul Jannah Sumedang sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tanggapan anak terhadap film animasi Bilal: A New Breed of Hero ialah 88,7 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata tingkat pencapaian perkembangan moral anak ialah 56,2 dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,099 yang berada pada interval koefisien 0,00-0,199 dengan tingkat hubungan sangat rendah yang artinya hubungan tanggapan anak terhadap film animasi Bilal: A New Breed of Hero dengan tingkat pencapaian perkembangan moral sangat rendah. Dari hasil uji hipotesis didapatkan thitung (0,357) < ttabel (2,160), maka dapat diinterpretasikan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Dengan kata lain, tidak terdapat hubungan yang signifikan tanggapan anak terhadap film animasi Bilal: A New Breed of Hero dengan tingkat pencapaian perkembangan moral pada kelompok B di RA Miftahul Jannah sumedang. Adapun besarnya pengaruh tanggapan anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” Produksi Barajoun Entertaintment sebanyak 0,98% dan 99,02% lagi dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Anak; Film Animasi; Tingkat Pencapaian Perkembangan Moral
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Melindha Dwi Putri
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:02
Last Modified: 28 Oct 2022 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55070

Actions (login required)

View Item View Item