Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran indera penglihatan pada mata pelajaran IPA kelas 4: Research and Development pada Siswa Kelas 4 Mata Pelajaran IPA di SDIT Al Mumtaz

Nisha, Nabilah Khairun (2022) Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran indera penglihatan pada mata pelajaran IPA kelas 4: Research and Development pada Siswa Kelas 4 Mata Pelajaran IPA di SDIT Al Mumtaz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pada dunia pendidikan sangat dibutuhkan terutama pada era digital yang semakin terus meningkat dalam penggunaan dan kecanggihannya. Manfaatnya pun begitu banyak dirasakan dalam proses pembelajaran, mulai dari segi evaluasi pembelajaran, metode pembelajaran, bahkan media pembelajaran. Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi materi yang hendak disampaikan. Namun dalam penggunaannya belum begitu banyak, salah satunya pada kelas 4 SDIT Al Mumtaz Kabupaten Bandung khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain media yang dikembangkan dan dibuat, uji validasi produk, serta respon peserta didik dengan menggunakan Augmented Reality sebagai media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan ketertarikan dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dengan tiga dimensi kedalam suatu lingkungan nyata tiga dimensi yang dapat muncul pada permukaan smartphone. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development model ADDIE yang dilaksanakan pada kelas 4 SDIT Al Mumtaz. Produk media yang dibuat divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, dan guru IPA untuk menguji kelayakan agar media Augmented Reality layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada jenjang pendidikan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebagai berikut: (1) desain Augmented Reality materi indera penglihatan pada mata pelajaran IPA kelas 4 menggunakan beberapa aplikasi yaitu Unity 3D, Vuforia dan Blender (2) uji coba media Augmented Reality yang sudah diuji dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru IPA mendapat kategori “layak digunakan” untuk diujicobakan (3) respon peserta didik pada uji coba media Augmented Reality kelompok kecil mendapat hasil persentase 93% dengan kategori “Memenuhi Aspek Kelayakan”, begitupun pada kelompok besar mendapat hasil persentase 92,5% dengan kategori “Memenuhi Aspek Kelayakan”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; IPA
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabilah Khairun Nisha
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:10
Last Modified: 06 Sep 2022 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55032

Actions (login required)

View Item View Item