Konsep pendidikan Islam menurut QS Al-Baqarah Ayat 30-39: Analisis ilmu pendidikan Islam

Abdurrauf, Muhammad (2022) Konsep pendidikan Islam menurut QS Al-Baqarah Ayat 30-39: Analisis ilmu pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis perihal kandungan dari surat Al-Baqarah ayat 30-39 yang sering diidentikkan dengan ayat yang terkait tentang penciptaan manusia sebagai khalifah, padahal Al-Qur’an sebagai sumber pendidikan Islam bisa dianalisa dalam aspek lainnya. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam perihal keterkaitan antara proses penciptaan manusia sebagai khalifah yang tertera pada QS Al-Baqarah ayat 30-39 dengan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 30-39; 2) Penafsiran para mufassir terhadap isi kandungan QS Al-Baqarah ayat 30-39; 3) Konsep pendidikan Islam berdasarkan penafsiran para mufassir terhadap isi kandungan QS Al-Baqarah ayat 30-39; 4) Analisis Ilmu Pendidikan Islam. QS Al-Baqarah ayat 30-39 berisi kisah tentang penciptaan Adam a.s yang akan dijadikan khalifah oleh Allah SWT, hal tersebut dibuktikan dengan nabi Adam a.s yang diberikan ilmu pengetahuan yang mumpuni untuk mengetahui nama-nama benda. Proses penciptaan manusia sebagai khalifah di bumi tersebut berkaitan dengan ilmu pendidikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) dan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan dengan cara dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan dalam QS Al-Baqarah ayat 30-39, yakni rendah hati/ tawadhu, larangan untuk bersikap sombong, menjauhi dengki, dan anjuran untuk bersikap pemaaf; 2) Penafsiran para mufassir menyebutkan bahwa ayat 30-39 QS Al-Baqarah berawal dari Allah SWT yang ingin menjadikan manusia (Adam a.s), maka Allah SWT memberikan ilmu pengetahuan kepada nabi Adam as sebagai bekal untuk menjadi khalifah di bumi, ; 3) Konsep pendidikan Islam dari beberapa pendapat dari mufassir yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah ayat 30-39, diantaranya adalah manusia yang dibekali ilmu pengetahuan seharusnya dapat lebih memaksimallkan kemampuan tersebut untuk belajar banyak hal, pendapat para mufassir perihal nilai pendidikan juga berkesinambungan dengan nilai pendidikan karakter yang saat ini banyak diterapkan di pendidikan formal; 4) QS Al-Baqarah ayat 30-39 memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan penerapan konsep pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. Sumber dan kurikulum pendidikan Islam yang mengacu pada Al-Qur’an tentu tidak terlepas dari kurikulum nasional dan akan terus berdampingan dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; QS Al-Baqarah Ayat 30-39
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abdurrauf
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:42
Last Modified: 19 Jan 2023 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55013

Actions (login required)

View Item View Item