Metode Tabligh Ustaz Iin Rasidi dalam kegiatan pengajian mingguan : Studi deskriptif di Majlis Taklim Nahjus Salam Desa Haurpugur

Mukti, Bisri Zaenul (2022) Metode Tabligh Ustaz Iin Rasidi dalam kegiatan pengajian mingguan : Studi deskriptif di Majlis Taklim Nahjus Salam Desa Haurpugur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah dengan bentuk Tabligh adalah menyampaikan pesan berupa ajaran al�Islam kepada umat serta ammar ma’ruf nahi munkar. Majlis taklim merupakan tempat dimana umat mendapatkan suatu pencerahan berupa ilmu melalui ceramah pengajian. Ustaz Drs. H. Iin merupakan seorang mubaligh Dalam kegiatan tabligh melalui aktivitas bil-khitobah. Ia memiliki bebrapa metode dan pendekatan terhadap objek dakwah atau tabligh yang dapat memudahkan serta membantu dirinya dalam menyampaikan pesan kepada jamaahnya, ustaz Iin Rasidi mempunyai ciri khas dalam berceramah yaitu menggunakan dangding dalam aktivitas ceramahnya sebgai sarana hiburan yang mengandung nilai edukatif.Tujuan penelitian ini yaitu: Pertama mengetahaui bagaimana cara penyampaian materi yang disampaikan serta tujuan dalam bertabligh. Kedua, untuk mengetahui pendekatan yang dilakukan oleh Ustaz Drs H. Iin kepada jamaah pengajian. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi umpan balik yang terjadi dalam kegiatan pengajian di majlis taklim Nahjus salam.Penelitian ini mengacu pada beberapa teori pertama,teori khitobah dengan bentuk ceramah pidato. Kedua, penggunaan teori komunikasi persuasif Carl Hovland yang mengatakan bahwa komunikasi dapat merubah sikap seseorang melalui aktivitas komunikasi. Ketiga teori pendekatan bil-hikmah. Keempat penggunaan teori pola komunikasi silkuler Osgood dan schramm yang berbicara bahwa dalam berkomunikasi dapat dikatan efektif apabila adanya feedback melalui dialog antara pihak komunikator dan komunikan. Adapun metode penelitian yang digunkan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan paradigma interpretif, jenis datanya primer dan sekunder, serta teknik mengumpulkan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penyampaian materi yang disampaikan oleh mubaligh Ustaz H. Iin pada praktik nya dilihat dari cara penyampaian nya yaitu penggunaan dangding, penyajian tanya jawab, pidato ekstempore dan khitobah ta’atsiriah. Tujuan ceramah, menjalankan perintah Allah SWT, dan ukhuwah Islamiah. Serta perubahan sikap yakni kognitif dan afektif. Adapun pendekatan terhadap jamaah yang dilakukan oleh mubaligh ditinjau dalam dua aspek psikologis, dan sosiologis. Selain itu dalam praktinya terdapat feedback dibuktikan dengan adanya dialog serius antara mubaligh dan jamaah guna mengetahui sejauhmana jamaah memahami materi yang disampaikan mubaligh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Metode; Mubaligh; Majlis Taklim; Pengajian
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bisri Zaenul Mukti
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:35
Last Modified: 12 Aug 2022 05:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54980

Actions (login required)

View Item View Item