Peranan pimpinan K.H. Lukman Hakim Hamid dalam meningkatkan kualitas akhlak santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hamid Cipayung, Jakarta Timur

Adawiyah, Azra Fadjrini (2022) Peranan pimpinan K.H. Lukman Hakim Hamid dalam meningkatkan kualitas akhlak santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hamid Cipayung, Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki potensi yang cukup besar untuk pemberdayaan santri sekitarnya. Kiai memiliki peran yang besar dan strategis dalam upaya melakukan pembinaan akhlak santri. Berdasarkan hasil pra penelitian, Kiai telah berperan dalam meningkatkan akhlak santri. Penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih mengenai Pondok Pesantren Al-Hamid karena pesantren ini mampu bertahan di tengah kota Jakarta dalam pengembangan zaman. Adapun masalah utama yang akan di bahas dalam skripsi ini adalah Peranan Pimpinan K.H. Lukman dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Santri (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta Timur), terbagi ke dalam beberapa rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana Peranan Antarpribadi K.H. Lukman Hakim Hamid dengan Santri Upaya Meningkatkan Kualitas Akhlak santri, 2) Bagaimana Hubungan dan Informasi yang diberikan K.H. Lukman Hakim Hamid dengan Santri Upaya Meningkatkan Kualitas Akhlak santri, 3) Bagaimana Peranan K.H. Lukman Hakim Hamid dalam Pengambilan Keputusan Upaya Meningkatkan Kualitas Akhlak santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan hubungan antarpribadi, peranan hubungan dan informasi, peranan pembuat keputusan pimpinan dalam meningkatkan kualitas akhlak santri. Teori dalam penelitian ini adalah Mintzbergh bahwasannya peranan kepemimpinan seorang pemimpin diantarannya sebagai seorang dengan hubungan antarpribadi, peranan hubungan dan informasi, peranan pengambilan keputusan, yaitu tiga peranan yang harus dimainkan oleh seorang manajer atau pimpinan. Metode yang digunakan metode deksriptif karena metode ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena empirik yang terjadi di lapangan, dengan pendekatan kualitatif, serta dengan tiga teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan hubungan antarpribadi dilakukan secara intensitas interaksi, kemudian dalam hubungan dan informasi dilakukan dengan cara komunikasi vertikal yaitu komunikasi yang di lakukan dari atas kebawah (downward communication) dan komunikasi dari bawah ke atas (upward communication), sedangkan dalam peranan pengambilan keputusan sebagai penentu kebijakan dengan cara musyawarah. Hal yang dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini, peneliti mengambil 107 responden dari 477 santri Pondok Pesantren Al-Hamid, yang menyatakan bahwasannya setiap pertanyaan dan pernyataan di angket yang peneliti berikan mengenai kemerosotan akhlak santri itu memang betul adanya dan sosok kiai sangat berperan penting dalam setiap perkembangan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Hamid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan; Pondok Pesantren; Akhlak.
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Azra Fadjrini Adawiyah
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:15
Last Modified: 11 Aug 2022 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54911

Actions (login required)

View Item View Item