Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Garut : Penelitian deskriptif kualitatif di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Garut

Rahayu, Rissa Dwi (2021) Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Garut : Penelitian deskriptif kualitatif di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah kurangnya Minat Belajar Siswa dikarenakan oleh kurangnya peran orang tua yang menjadi dasar utama tejadinya masalah tersebut, orang tua cenderung kurang memperhatikan kegiatan belajar anak dan kurang mampu untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga dengan adanya masalah ini muncul siswa merasa kurang perhatian, bimbingan dan arahan dari orang tuanya. Ketika siswa tidak berminat untuk ikut pembelajaran, maka sulit untuk siswa mengerti pembelajaran. Seumpamanya ketika orang tua peduli dan berperan aktif, anak akan merasa diperhatikan orang tuanya dan sayang kepadanya, sehingga anak akan berminat terhadap proses belajar. Serta ketika siswa berminat mengikuti proses belajar, maka siswa akan mengerti pelajaran sehingga menghasilkan hasil baik terhadap kegiatan belajar. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui bagaimana peran orang tua dalam kegiatan belajar Siswa, 2) mengetahui bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar Siswa, 3) mengetahui bagaimana bentuk dan peran orng tua terhadap minat belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan Deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. Dengan subjek penelitiannya yaitu sekolah MIN 3 Garut. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan data reduction. Hasil penelitiannya yaitu : 1) peran orang tua dalam kegiatan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar di sekolah maupun di kelas akan membuat anak lebih antusias dalam belajar dan ketika diluar kelas anak akan lebih bersopan santun dan menghargai teman lainnya. 2) mengenai peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Garut kecamatan Cilawu yaitu memberikan semangat terhadap diri anak akan pentingnya suatu pendidikan khususnya dalam belajar, sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak,menjadi pendorong dan semangat untuk anak belajar, orang tua berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap anaknya, menyediakan kebutuhan anak dalam sehari-harinya, menjadi pelindung dan sebagai tempat berkomunikasi dan interaksi dengan anak yang baik, sebagai tempat bertanya dan mengadu terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak, dan tentunya orang tua harus menjadi pendidik yang baik untuk anaknya. 3) bentuk dan peran orang tua dalam menumbuhkann minat belajar siswa memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajarnya yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta waktu yang cukup untuk anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; Menumbuhkan Minat Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rissa Dwi Rahayu
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:22
Last Modified: 11 Aug 2022 05:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54892

Actions (login required)

View Item View Item