Peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif program Tamaja di Masjid Al-Muhajirin Komplek Griya Mitra Kelurahan Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Wiyoto, Muhammad Nurhuda (2022) Peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif program Tamaja di Masjid Al-Muhajirin Komplek Griya Mitra Kelurahan Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ekonomi masyarakat di komplek griya mitra menyebabkan adanya masyarakat yang meminjam kepada rentenir atau pinjaman online, hal ini dikarenakan butuhnya dana secara cepet untuk kepetingan membayar hutang atau biaya ke rumah sakit, Oleh karena itu DKM Al Muhajirin membuat program TAMAJA untuk menciptakan dana pinjaman yang tidak membebankan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai proses, pelaksanaan dan hasil mengenai program TAMAJA yang di adakan oleh DKM Al Muhajirin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan menurut Edi Suharto, menurutnya pemberdayaan merupakan sebuah proses dan hasil, serta teori pelaksanaan dari Suharto dan teori Carol Noore yang menyatakan bahwa proses diawali dengan kemandiriian dan kreatifitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil dari program TAMAJA ini membawa dampak positif di masyarakat karena pada sebelumnya adanya program TAMAJA ini banyak masyarakat yang masih meminja dana ke reternir sehingga merasakan dampak berbahaya dari reternir dan seletah hadirnya TAMAJA ini para masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena program pinjaman ini tidak memberatkan bagi peminjamnya, selain itu jika masih mempunyai masalah dalam pembayarannya pun para pengurus TAMAJA memberikan bantuan seperti memberikan dana usaha atau bisa melunasi hutang yang masih ada.Oleh karena adanya program ini sudah membantu banyak masyarakat yang membutuhkannya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran DKM Al Muhajirin dalam membentuk program TAMAJA ini sudah mampu meminimalisir adanya masyarakat yang meminjam kepada reternir atau pinjaman online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Masjid; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Nurhuda Wiyoto
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:40
Last Modified: 10 Aug 2022 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54831

Actions (login required)

View Item View Item