Pengembangan kepribadian Muslim melalui pendidikan jasmani : Penelitian di Sekolah Dasar Sedunia Ciguruwik dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Persis Ciganitri, Kabupaten Bandung

Muhaemin, Ujang Mimin (2022) Pengembangan kepribadian Muslim melalui pendidikan jasmani : Penelitian di Sekolah Dasar Sedunia Ciguruwik dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Persis Ciganitri, Kabupaten Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang nampak di kalangan peserta didik pada umumnya, termasuk peserta didik SD Sedunia Ciguruwik dan SDIT Persis Ciganitri yaitu: kurang semangat dalam belajar, kurang percaya diri, kurang senang berbagi dan ingin menang sendiri. Semua itu patut diduga, program pengembangan kepribadian muslim melalui pendidikan jasmani yang ditawarkan di dua SD Islam tersebut hanya sekedar untuk menarik minat calon peserta didik baru, juga patut diduga pendidikan Jasmani di dua SD Islam tersebut, baru sebatas mengolah jasmani dan belum mengolah rohani peserta didik, sehingga aspek konatif, kognitif terlebih-lebih aspek afektif yang tekandung dalam pendidikan jasmani belum tersentuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang makna, program, proses, faktor pendukung dan penghambat, evaluasi, serta dampak pengembangan kepribadian muslim melalui Pendidikan Jasmani di SD Sedunia Ciguruwik dan SDIT Persis Ciganitri. Kerangka berpikir penelitian ini memadukan teori-teori kepribadian dengan teori Pendidikan Jasmani, seperti teori kepribadian menurut Reber dalam Muhibbin Syah (2002), kepribadian pada prinsipnya adalah kesatuan antara aspek perilaku mental dengan aspek perilaku behavioral. Kepribadian muslim adalah kepribadian lima rukun Islam (Abdul Mujib, 2019). Adapun teori Pendidikan Jasmani seperti yang dikatakan Paturusi (2012), adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik konatif, kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dan ditafsirkan secara kualitatif naratif, dengan langkah-langkah: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Temuan yang diperoleh adalah: makna, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak pengembangan kepribadian muslim melalui pendidikan jasmani. (a) Maknanya adalah: cara yang dilakukan untuk mengembangkan kepribadian lima rukun Islam melalui aktivitas jasmani baik permainan, olahraga maupun non-olahraga. (b) Programnya adalah: pengembangan kepribadian syahadatain, mushalli, muzakki, shaim dan kepribadian haji melalui aspek-aspek pendidikan jasmani (c) Prosesnya dengan pemberian motivasi melalui aspek konatif; pengajaran melalui aspek kognitif; peneladanan dan pembiasaan melalui aspek afektif dan memprktekkan melalui aspek psikomotorik sutu kegaiatan (d) Evaluasinya menggunakan teknik penilaian diri dan penilaian antar teman oleh peserta didik serta penilaian observasi oleh guru Tim (e) Faktor pendukung dan penghambatnya adalah: faktor internal seperti: fisiologis dan psikologis peserta didik; faktor eksternal, seperti: pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana, keluarga dan masyarakat (f) Dampaknya berkaitan dengan dampak jasmaniyah, aqliyah, rohaniyah dan dampak ijtima’iyah (sosial).

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kepribadian Muslim; Pendidikan Jasmani
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 09 Aug 2022 05:43
Last Modified: 09 Aug 2022 05:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54800

Actions (login required)

View Item View Item