Pembuatan media pembelajaran kartun menggunakan stiker whatsapp pada konsep sistem periodik unsur

Hermawan, Henda (2021) Pembuatan media pembelajaran kartun menggunakan stiker whatsapp pada konsep sistem periodik unsur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya suatu media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses pembelajaran melalui aplikasi whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan produk media pembelajaran pada konsep sistem periodik unsur, serta menganalisis hasil uji validasi dan uji coba terbatas media. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Based Research yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan dan pengembangan. Berdasarkan instrumen yang digunakan yaitu flowchart dan storyboard dilakukan pembuatan media pembelajaran yang terdiri dari 15 stiker whatsapp dengan nomor atom, lambang atom dan masa atom relative yang berbeda dan masing-masing tampilan media memiliki karakteristik kesesuaian ilustrasi atau gambar dengan kegunaan unsur dan kesesuaian bahasa yang digunakan dalam proses pembelajaran melalui aplikasi whatsapp, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi periode, golongan dan mengklasifikasikan unsur termasuk logam, nonlogam atau metaloid. Hasil uji validasi diperoleh nilai rata-rata rhitung 0,82 dan hasil uji coba terbatas sebesar 92% sehingga media pembelajaran stiker whatsapp berpotensi untuk menunjang proses pembelajaran pada konsep sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran;sistem periodik unsur;stiker whatsapp
Subjects: Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Henda Hermawan
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:51
Last Modified: 09 Aug 2022 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54779

Actions (login required)

View Item View Item