Persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua di era pandemi hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 3 Cileunyi

Khoerunnajah, Yulia Ismayati (2022) Persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua di era pandemi hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 3 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat pembelajaran daring di era pandemi memiliki penurunan nilai dan kekurangan terhadap pemahaman materi belajar Pendidikan Agama Islam, dan dalam kasus ini ditemukan juga bahwa komunikasi dari guru dengan orang tua ternyata sebgaian dari orang tua siswa masih kurang memberikan perhatian dan membimbing anaknya dalam proses pembelajaran daring. Maka dari masalah yang ditemukan muncul lah pertanyaan apakah persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua di era pandemi memiliki hubungan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua di era pandemi kelas VIII SMPN 3 Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana hasil belajar siswa di era pandemi kelas VIII SMPN 3 Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Apakah terdapat hubungan persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua di era pandemi dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Peneliti memiliki asumsi bahwa persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua memiliki keterkaitan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Dan dari asumsi tersebut maka ditarik hipotesis bahwa semakin tinggi peran orangtua dalam bimbingan belajar di era pandemi maka semakin tinggi pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data melalui obserasi, wawanara, angket, tes/ujian. Dalam penelitian ini memiliki 346 populasi maka sampel yang diambil adalah sebesar 10% dari jumlah populasi maka didapatkan sampel sejumlah 40 siswa. Analisis data dari kedua variabel dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian, di peroleh simpulan bahwa (1) realitas tingkat bimbingan orang tua dari persepsi siswa memiliki skor 3,73 yang berada pada kategori positif (2) realitas tingkat hasil belajar berada pada kategori tinggi dengan skor 4,09 (3) hubungan persepsi siswa terhadap bimbingan orang tua dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah (a) koefisien korelasi sebesar 0,748 yang termasuk pada kategori Tinggi (b) hipotesis diterima, karena t hitung (10,455) > t tabel (0,312), dan (c) kadar pengaruh variabel X terhdap variabel Y yaitu sebesar 55,9%. Hal ini menunjukkan bahwa 55,9% hasil belajar PAI dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sehingga masih terdapat 44,1% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMPN 3 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua; hasil belajar; era pandemi
Subjects: Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Ismayati Khoerunnajah
Date Deposited: 09 Aug 2022 00:32
Last Modified: 09 Aug 2022 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54731

Actions (login required)

View Item View Item