Pengaruh konsep belajar cerdas dalam buku belajar cerdas : Belajar berbasiskan otak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VII SMP Cendekia BAZNAS Bogor

Nurhaliza, Annisa Siti (2022) Pengaruh konsep belajar cerdas dalam buku belajar cerdas : Belajar berbasiskan otak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VII SMP Cendekia BAZNAS Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pemahaman berkenaan dengan pembelajaran menggunakan perspektif mekanisme kerja otak dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam sebuah pembelajaran, otak menjadi organ yang paling penting berperan dalam memproses materi pembelajaran. Proses belajar yang tidak mengoptimasikan kerja otak maka peserta didik tidak dapat berkembang secara efektif. Untuk membuktikan teori tersebut, maka dilakukanlah penelitian di SMP Cendekia BAZNAS Bogor. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh penggunaan konsep belajar cerdas dalam buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Cendekia BAZNAS dan bagaimana signifikansinya. Konsep belajar cerdas dalam buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak ini menjelaskan bahwa belajar yang efektif hanya terjadi dalam suasana yang menyenangkan dan dengan kegiatan yang mengaktifkan semua kecerdasan (accelerated learning). Metode penelitian yang digunakan ialah content analysis dan analitis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta teknik tes untuk melihat signifikansi pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang dari total populasi 64 siswa kelas VII. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa sebelum diberi perlakuan ialah 69,93 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkannya konsep belajar cerdas berdasarkan buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak ialah sebesar 81,92 sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,99. Didapatkan pula t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (13.168 > 2.039) dan memiliki nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,000 yang berarti dapat disimpulkan bahwa Konsep Belajar Cerdas dalamu buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Cendekia BAZNAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar Cerdas; Hasil Belajar; Belajar Berbasiskan Otak; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Building for Educational and Research Purposes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Siti Nurhaliza
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:43
Last Modified: 08 Aug 2022 05:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54719

Actions (login required)

View Item View Item