Komunikasi profetik Cak Nun Kiai Kanjeng : Studi analisis semiotik terhadap video Jembar Atine Sinau bareng Caknun dan Kiai Kanjeng

Firmansah, Hendriawan (2022) Komunikasi profetik Cak Nun Kiai Kanjeng : Studi analisis semiotik terhadap video Jembar Atine Sinau bareng Caknun dan Kiai Kanjeng. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Caknun dan Kiai Kanjeng telah berkolaborasi selama lebih dari 20 tahun dalalm berkarya, sosok Caknun tidak dapat dipisahkan dari komunitas gamelan Kiai Kanjeng di belakangnya. Caknun dan Kiai Kanjeng selama beberapa dekade telah konsisten dalam menyampaikan pesan-pesan islam kepada masyarakat, dengan pendekatan budaya. Caknun dan Kiai Kanjeng telah berhasil menyedot perhatian masyarakat, bukan hanya masyarakat muslim, bahkan masyarakat non muslim mulai dari dalam negeri bahkan sampai mancanegara banyak yang tertarik dengan pola dakwah yang dilakukan oleh Caknun dan Kiai Kanjeng. Karena hal tersebutlah peneliti tertarik untuk meneliti terkait pola dakwah yang dilakukan oleh Caknun dan Kiai Kanjeng. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana pesan-pesan komunikasi profetik Caknun dan Kiai Kanjeng dengan menganalisa video jembar Atine Sinau bareng Caknun dan Kiai Kanjeng dalam channel youtube Caknun.com. Sehingga nanti akan didapatkan hasil terkait bagaimana konsep komunikasi kenabian yang disampaikan oleh Caknun dan Kiai Kanjeng dalam menyampaikan pesan-pesan Islam kepada masyarakat. Adapaun dalam penelitian ini, peneiliti menggunakan teori komunikasi profetik. konsep komunikasi profetik merupakan komunikasi yang bernafaskan Islam, dimana dalam komunikasi profetik dilandasi oleh konsep humanisasi, liberasi dan transendensi. Komunikasi profetik diajukan dalam kerangka baru praktik ilmu komunikasi Islam yang memadukan konsepnya dengan kajian ilmu komunikasi yang sudah berkembang sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotik. Data yang didapatakan dengan cara melakukan observasi secara mendalam terhadap video jembar atine Sinau Bareng Caknun bersama Kiai Kanjeng. selanjutnya data tersebut direduksi dan dianalisa dengan menggunakan teori analisis semiotik. Hasil analisa terhadap data yang dihasilkan dari penelitian ini, didapatkan data bahwa konsep komunikasi profetik Caknun dan Kiai Kanjeng yang terdapat di dalam video jembar Atine sinau bareng Caknun dan Kiai Kanjeng dalam video di Channel youtube Caknun.com terdapat konsep humanisasi; pesan mengajak audiens untuk memiliki hati yang jujur, pikiran yang luas, menganjurkan untuk senantiasa berbahagia dan harus menyayangi sesama manusia tanpa pandang bulu. Sedangkan konsep liberasi; kebebasan berkepresi, persamaan hak, dan tolerasi beragama, selanjutnya konsep transendensi; terkait pesan iman kepada Allah, mengajak audiens menyapa Allah dengan membaca Al-Qur’an, berdo’a dan menyampaikan terkait tujuan hidup adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: komunikasi profetik; analisis semiotik; video dakwah
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hendriawan Firmansah
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:09
Last Modified: 09 Aug 2022 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54649

Actions (login required)

View Item View Item