Pengaruh literasi keuangan syariah dan pendapatan terhadap partisipasi pasar modal syariah pada mahasiswa di Kota Bandung

Al Isfahani, Nizamuddin Aulia (2022) Pengaruh literasi keuangan syariah dan pendapatan terhadap partisipasi pasar modal syariah pada mahasiswa di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Indeks literasi keuangan syariah pada tahun 2019 menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun inklusi literasi keuangan syariah masih jauh tertinggal dari inklusi nasional. Selain itu Isu permasalahan pendapatan sebagai hambatan untuk berinvestasi sudah sering terdengar dari kalangan manapun. Pendapatan mahasiswa yang cenderung tidak tetap berpengaruh terhadap partisipasi mereka di pasar modal syariah. partisipasi masyarakat dalam investasi mempunyai hubungan positif namun masyarakat cenderung berinvestasi pada pasar modal konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa 1) pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Partisipasi Pasar Modal Syariah; 2) pengaruh Pendapatan terhadap Partisipasi Pasar Modal Syariah; 3) pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pendapatan terhadap Partisipasi Pasar Modal Syariah Landasan teori dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat memiliki kecenderungan untuk lebih menginvestasikan asetnya pada saham. Pada Pendapatan faktor yang mempengaruhi konsumen (investor) adalah faktor kepribadian yaitu keadaan ekonomi investor (level pendapatan). Partisipasi pasar modal syariah sebagai kegiatan ikut serta dalam keterlibatan mental atau pikiran dan emosi seseorang untuk mengambil keputusan dalam investasi pada pasar modal syariah yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (analisis regresi linear berganda). Data yang digunakan merupakan data primer berasalkan dari survey kuesioner (Google Form) yang disebar pada mahasiswa kota Bandung. Hasil penelitian dengan 257 responden menunjukkan bahwa 1) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pendapatan secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Partisipasi Pasar Modal Syariah 2) Hasil uji validitas semua variabel melebihi nilai rtable sebesar 0,181 dengan signifikansi 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel tergolong valid; 2) Uji reliabilitas, semua variabel memiliki nilai Cronbach alpha lebih besar dari 0,6 sehingga semua variabel tergolong reliabel; 3) Secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan dengan pengaruh variabel X1 sebesar 0,423 dan signifikansi 0,000, variabel X2 berpengaruh sebesar 0,345 dan signifikansi 0,000. Sedangkan Kedua variabel independent (X1 dan X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap variabel dependent (Y) dengan nilai R2 sebesar 0,485 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pendapatan, Partisipasi, Pasar Modal Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah; Pendapatan; Partisipasi; Pasar Modal Syariah
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nizamuddin Aulia Al Isfahani
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:12
Last Modified: 09 Aug 2022 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54640

Actions (login required)

View Item View Item