Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19

Darwanti, Sri (2022) Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan menurunnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung. Indikasinya adalah siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring, dalam memahami materi pembelajaran daring siswa kesulitan dalam mengerjakan tugasnya, serta kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Motivasi belajar siswa kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung di masa pandemi covid-19, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung di masa pandemi covid-19, (3) Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan menggunakan model explanatory sequential design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 036 Ujungberung sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada masa pandemi di kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung berada dalam kategori tinggi karena memperoleh nilai rata-rata hitung sebesar 83,67 dalam rentang interval 70-84. Secara lebih rinci dapat dibagi dengan beberapa kategori yaitu motivasi belajar siswa dalam kategori sangat tinggi sebanyak 38 siswa dengan persentase 54,29%, motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi sebanyak 28 siswa dengan persentase 40,00%, dan motivasi belajar siswa dalam kategori cukup sebanyak 4 siswa atau dengan persentase 5,71%. Motivasi belajar siswa tinggi dikarenakan pembelajaran yang telah dilaksanakan secara tatap muka di sekolah, kegiatan pembelajaran tatap muka yang dinilai lebih menyenangkan, serta adanya teman-teman ketika belajar tatap muka di sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 diantaranya: faktor lingkungan yaitu lingkungan belajar dan dukungan keluarga, pemberian reward dan punishment dari guru terhadap siswa, dan kegiatan yang menarik dalam belajar. Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada kelas III SDN 036 Ujungberung Kota Bandung yaitu dengan: memberikan motivasi terhadap siswa, membangun kreativitas belajar siswa, meningkatkan kedisiplinan belajar terhadap siswa, dan menjaga kelancaran dalam berinteraksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru; Motivasi Belajar; Pandemi Covid-19
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Darwanti
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:35
Last Modified: 05 Aug 2022 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54639

Actions (login required)

View Item View Item