Pengaruh program percepatan sertifikasi tanah wakaf terhadap peningkatan kesejahteraan Nazhir : Studi survei di Kemenag Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung

Agustina, Gina (2022) Pengaruh program percepatan sertifikasi tanah wakaf terhadap peningkatan kesejahteraan Nazhir : Studi survei di Kemenag Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Buahbatu merupakan salah satu daerah di Kota Bandung yang terdapat banyak tanah wakaf. Menurut data yang diperoleh dari Kemenag Kota Bandung tahun 2021 terdapat 15 lokasi tanah wakaf yang belum bersertifikat yang tersebar di Kecamatan Buahbatu. Hal ini tentunya memicu permasalahan sengketa tanah wakaf. Pemanfaatan wakaf yang produktif sangat dipengaruhi oleh keberadaan peran seorang nazhir. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program percepatan sertifikasi tanah wakaf terhadap peningkatan kesejahteraan nazhir di Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Hal ini meliputi pelaksanaan program percepatan sertifikasi tanah wakaf oleh kemenag Kota Bandung, faktor penghambat dan pendukung program percepatan sertifikasi, hingga pengaruh yang dirasakan para nazhir. Penelitian ini menggunakan teori Stuart bahwa pengaruh dapat terjadi dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Kondisi awal yang tidak stabil karena sengketa tanah wakaf, mengaharuskan pihak pemerintah untuk mengambil tindakan atau strategi yang dapat mengatasi permasalahan. Hingga pada kondisi akhir permasalahan dapat diatasi dan memberikan pengaruh terhadap para nazhir, dengan adanya program percepatan sertifikasi tanah wakaf. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 responden. Adapun teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuisioner dengan analisis data regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil pengujian, pelaksanaan program percepatan sertifikasi tanah wakaf di Kemenag untuk Kecamatan Buahbatu diawali dengan melakukan sosialisasi kepada para nazhir, dilanjut dengan menjalin kerjasama dengan para pejabat yang bersangkutan, dan melaksanakan tahapan yang telah ditentukan. Faktor penghambat dan pendukung program percepatan sertifikasi tanah wakaf tentunya tidak terlepas dari sejauh mana pemahaman para pihak wakif dan nazhir. Hipotesis Pengaruh Program Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nazhir di Kemenag untuk Kecamatan Buahbatu dinyatakan diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara program percepatan sertifikasi tanah wakaf dengan kesejahteraan nazhir. Berdasarkan temuan hasil penelitian di Kemenag Kecamatan Buahbatu ini, jelaslah bahwa program percepatan sertifikasi tanah wakaf merupakan solusi permasalahan yang tepat dan mempunyai peran signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan nazhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; Sertifikasi; Wakaf
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Gina Agustina
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:47
Last Modified: 10 May 2023 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54561

Actions (login required)

View Item View Item