Pengaruh strategi Card Sort berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa : Studi penelitian pre eksperimen pada siswa kelas III MI Miftahul Falah Kecamatan Palabuhanratu

Fujiyanti, Fujiyanti (2022) Pengaruh strategi Card Sort berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa : Studi penelitian pre eksperimen pada siswa kelas III MI Miftahul Falah Kecamatan Palabuhanratu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (ba 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran PAI di MI Miftahul Falah Kecamatan Pelabuhanratu yang menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar PAI peserta didik masih relatif rendah. Sebagai buktinya, nilai ulangan tengah semester peserta didik yang rendah dengan ditandai banyaknya nilai yang dibawah rata-rata. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran card sort diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata Pelajaran PAI sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian sebarapa besar efektifitas kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penerapan strategi card sort berbantuan media audiovisual menjadi salah satu alternatif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, karena dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang berakibat pada peningkatan kualitas pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan strategi card sort berbantuan media audiovisual, hasil belajar siswa dengan berbantuan media, dan mengetahui pengaruh strategi card sort berbantuan media belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Miftahul Falah. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Kuantitatif eksperimen metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Falah Kecamatan Pelabuhanratu dengan populasi kelas III berjumlah 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang berarti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berupa test objektif dengan pretest dan posttest. Tingkat signifikansi uji hipotesis menggunakan wilcoxon menggunakan SPSS 25 dengan (2-tiled) sebesar 0,000 < Level of signifikan (0,05) yang berarti nilai (Asymp.Sig) < 0,05 , maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar kelas III MI Miftahul Falah akan di pengaruhi oleh strategi klarifikasi kartu dengan menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort; Media Audiovisual; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fujiyanti Fujiyanti
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:26
Last Modified: 05 Aug 2022 00:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54545

Actions (login required)

View Item View Item