Aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna hubunganya dengan kemampuan sains anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung

Mulyani, Leni Sri (2022) Aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna hubunganya dengan kemampuan sains anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat permasalahan yang menarik untuk diteliti, bahwa di satu sisi aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna pada umumnya menunjukkan anak cukup antusias. Namun disisi lain kemampuan sains anak terlihat beberapa masih kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana anak cara mencampurkan warna, memperkirakan ukuran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna di kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung; (2) Kemampuan sains anak kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung; dan (3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna dengan kemampuan sains anak kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu peseta didik kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Nilai hasil perhitungan menunjukkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna diperoleh nilai rata-rata sebesar 75. Angka tersebut berada pada rentang 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan kemampuan sains anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 74. Angka tersebut berada pada rentang 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan Antara aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna dengan Kemampuan sains Anak Kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,78 berada pada rentang 0,60 – 0,79 yang artinya memiliki tingkat hubungan yang tinggi. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung = 4,44 > ttabel = 2,16 artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Adapun besar kontribusi atau pengaruh aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna terhadap kemampuan sains sebesar 60,84%. Hal ini menunjukkan masih terdapat 39,16% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan sains anak di RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung. Hasil dari penelitian di atas mengacu pada teori yang memiliki pendapat bahwa terdapat hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna dengan kemampuan sains anak usia dini. Aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna merupakan suatu proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sebuah alat media pembelajaran. Sedangkan kemampuan sains anak adalah kesanggupan yang dimiliki seorang anak untuk mengenal dan mempelajari cara mengamati, percobaan eksperimen dan mengukur. Dari asumsi teori tersebut, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna maka semakin tinggi pula kemampuan sains anak usia dini. Begitupun sebaliknya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Anak Pada Penggunaan Media Pasir Berwarna; Kemampuan Sains; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Leni Sri Mulyani
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:58
Last Modified: 09 Aug 2022 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54518

Actions (login required)

View Item View Item