Internalisasi nilai-nilai karakter Islami pada siswa : Penelitian di MTs dan MA husnul Khotimah Kabupaten Kuningan

Nulyaman, Insan (2022) Internalisasi nilai-nilai karakter Islami pada siswa : Penelitian di MTs dan MA husnul Khotimah Kabupaten Kuningan. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Fenomena zaman 4.0 sangat mempengaruhi perilaku pelajar. Hal itu terjadi di MTs dan MA Husnul Khotimah Kab. Kuningan, siswa ada yang bolos sekolah, kurang sopan santun terhadap guru, kurang mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan dan yang lebih memprihatinkan adalah menurunnya sikap spiritualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Jenis-jenis internalisasi nilai karakter Islami pada siswa di MTs dan MA Husnul Khotimah Kab. Kuningan, 2) Tujuan internalisasi nilai karakter Islami, 3) Proses Internalisasi nilai karakter Islami, 4) Faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai karakter Islami dan 5) Evaluasi internalisasi nilai karakter Islami. Masa remaja merupakan masa mencari jati diri dan penuh resiko dengan pergaulan yang cenderung kepada keburukan. Masa remaja perlu adanya pembinaan mental, spiritual dan pembentukan sikap sehingga menjadi pribadi yang baik dan berkarakter Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi, teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan pemaparan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) jenis karakter Islami yang dinternalisasikan pada siswa MTs dan MA Husnul Khotimah Kab. Kuningan adalah sebagai suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari-harinya seperti keyakinan yang kuat pada Allah SWT, akhlak yang baik terhadap sesama dan lingkungan, memiliki kecerdasaran dan jasmani yang sehat dan kuat, serta mampu mengelola waktu; 2) tujuan internalisasi nilai-nilai karakter Islami pada siswa MTs dan MA Husnul Khotimah Kab. Kuningan adalah menjadi muslim yang mampu berdakwah, menjalankan amar ma’ruf dan nahi munkar, serta menjadi muslim yang berkarakter baik; 3) proses internalisasi nilai-nilai karakter Islami melalui a) proses belajar mengajar di kelas secara klasikal; dan b) proses kegiatan ekstrakurikuler; 4) faktor pendukung adalah guru yang pengalaman, siswa memiliki minat dan bakat, sarana dan prasarana lengkap, lingkungan dan peran orang tua. Faktor penghambat internalisasi nilai karakter Islmi adalah kegiatan pondok pesantren yang padat mengakibatkan siswa cepat lelah dan semangat belajar di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler kurang; 5) evaluasi internalisasi nilai karakter Islami terhadap jenis, tujuan dan proses melalui penilaian harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan. ABSTRACT Insan Nulyaman. 3.216.1.2.038. 2022 Internalization of Islamic character values to students (Study Conducted at MTs and MA Husnul Khotimah, Kuningan Regency. ENGLISH : The phenomenon of 4.0 era is significantly affected students' attitude. It happens in junior and senior highschool of Husnul Khotimah Kuningan Regency, some of them skiped the school, less of respect to their teachers, seldomly joining religious activities and the most apprehensive is decreasing of their spiritual attitude. This research aims to identify: 1) The types of Islamic character values to students in the junior and senior highschool of Husnul Khotimah Kuningan Regency, 2) Aims of Internalization Islamic character values, 3) The process of Internalization Islamic character values, 4) The supporting factor and the obstacle of Internalization Islamic character values, and 5) The evaluation of internalization Islamic character values. Teens period is the period of seeking self identity and full of risks in social which lean to negative thing. Teens period needs mental, spiritual construction and attitude formation to make them become good person and own the Islamic character. This research used analytical descriptive qualitative method. The research technique is documentation study, observation and interview. Whereas qualitative data analysis used data elaboration, reduction, and conclusion. This study shows that: 1) types of Islamic character which is internalized to junior and senior highschool in Husnul Khotimah Kuningan Regency as a need in daily life such as strong faith to Allah SWT, good character to people and social, smart, physically healthy and strong, and able to effectively manage the time; 2) the purpose of internalization Islamic character values to junior and highschool students in Husnul Khotimah Kuningan Regency is to become intelligence Muslim preacher, do amar ma’ruf dan nahi munkar (sustain the goodness and prohibit the bad faith), and become Muslim with great character; 3) internalization process of Islamic character values through a) classical studying process in the class; and b) extracurricular process; 4) supporting factor is experienced teacher, students with their willing and talent, complete facilities and infrastructure, social and parents role. Obstacle factor of internalization Islamic character values is intensive Islamic boarding school activities makes students tired and less of eager to learn in class or extracurricular; 5) the evaluation of internalization Islamic character values to types, aims and process through daily, weekly, monthly, semesterly, and yearly. ARAB : ملخص إِنْسَانُ الْيَمَانِ. 3.216.2.1.038.2022. اسْتِيعَابُ قِيَمِ الشَّخْصِيَةِ الإِسْلاَمِيَّةِ عِنْدَ الطَّلَبَةِ )بَحْثُ فِيْ مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ وَاْلعَالِيَةِ بِمَعْهَدِ حُسْنِ الْخَاتِمَةِ فِيْ مَنْطِقَةِ كُوْنِنْجَانِ) تُؤَثِّرُ ظَاهِرَةُ عَصْرٍ ٤.٠ بِشَكْلٍ كَبِيرٍ عَلَى سُلُوكِ الطُّلَّابِ. وَقَدْ حَدَثَ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ وَ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ حُسْنُ الْخَاتِمَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ مَنْطِقَةَ كُونِنْجَانْ ، هُنَاكَ طُلَّابٌ يَتَغَيَّبُونَ عَنْ الْمَدْرَسَةِ ، وَيَفْتَقِرُونَ إِلَى الْمُجَامَلَةِ تُجَاهَ الْمُعَلِّمِينَ ، وَلَا يُشَارِكُونَ فِي الْأَنْشِطَةِ الدِّينِيَّةِ ، وَالْأَمْرُ الْأَكْثَرُ إِثَارَةً لِلْقَلَقِ هُوَ تَرَاجُعُ الْمَوَاقِفِ الرُّوحِيَّةِ لِلطُّلَّابِ. تَهْدِفُ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ إِلَى التَّعَرُّفِ عَلَى: 1) أَنْوَاعِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ لَدَى الطُّلَّابِ فِي كُونِينْجَانْ ، 2) الْغَرَضِ مِنْ اسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ ، 3) عَمَلِيَّةُ تَدْخِيلِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ ، 4) الْعَوَامِلُ الدَّاعِمَةِ وَالْمُثَبِّطَةِ لِاسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ وَ , 5) تَقْيِيمِ اسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ. الْمُرَاهَقَةُ هِيَ فَتْرَةُ الْبَحْثِ عَنْ الْهُوِيَّةِ وَمَلِيئَةٌ بِالْمَخَاطِرِ مَعَ الْجَمْعِيَّاتِ الَّتِي تَمِيلُ إِلَى أَنْ تَكُونَ سَيِّئَةً. تَحْتَاجُ الْمُرَاهَقَةُ إِلَى تَكْوِينٍ عَقْلِيٍّ وَرُوحِيٍّ وَتَكْوِينِ مَوْقِفٍ حَتَّى تُصْبِحَ شَخْصًا صَالِحًا وَذَاتَ طَابَعٍ إِسْلَامِيٍّ. تَسْتَخْدِمُ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ الْمَنْهَجَ النَّوْعِيَّ مَعَ الْمَنْهَجِ الْوَصْفِيِّ التَّحْلِيلِيِّ. أُسْلُوبُ الْبَحْثِ الْمُسْتَخْدَمِ هُوَ دِرَاسَةُ تِقْنِيَّاتِ التَّوْثِيقِ وَالْمُلَاحَظَةِ وَالْمُقَابَلَةِ. بَيْنَمَا تِقْنِيَّاتُ تَحْلِيلِ الْبَيَانَاتِ النَّوْعِيَّةِ بِاسْتِخْدَامِ عَرْضِ الْبَيَانَاتِ وَتَقْلِيلِهَا وَاسْتِخْلَاصِ النَّتَائِجِ. تُشِيرُ نَتَائِجُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ إِلَى مَا يَلِي: 1) نَوْعُ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْمُتَضَمِّنَةِ عَلَى الطُّلَّابِ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ وَ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ حُسْن خَاطِمَةَ مَنْطِقَةَ كُونِنْجَانْ. ضَرُورَةً فِي الْحَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ مِثْلَ الْإِيمَانِ الْقَوِيِّ بِاللَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى ، وَالْأَخْلَاقُ الْحَمِيدَةُ تُجَاهَ الْآخَرِينَ وَالْبِيئَةِ ، وَالذَّكَاءِ وَالْجِسْمِ الصِّحِّيِّ وَالْقَوِيِّ ، وَالْقُدْرَةِ عَلَى إِدَارَةِ الْوَقْتِ ؛, 2) الْغَرَضُ مِنْ اسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ لِلطُّلَّابِ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ وَالْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ حُسْنِ الْخَاتِمَةِ هُوَ أَنْ يُصْبِحَ مُسْلِمًا قَادِرًا عَلَى الْوَعْظِ ، وَتَنْفِيذُ وَصَايَا مَعْرُوفٍ وَنَاهِي مُنْكَرٍ ، وَيُصْبِحُ مُسْلِمًا ذَا خَلْقٍ جَيِّدٍ ,؛ 3) عَمَلِيَّةُ اسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ مِنْ خِلَالِ ,أ) عَمَلِيَّاتِ التَّدْرِيسِ وَالتَّعَلُّمِ فِي الْفُصُولِ الدِّرَاسِيَّةِ الْكِلَاسِيكِيَّةِ ؛ وَ ,بِ) عَمَلِيَّةِ الْأَنْشِطَةِ اللَّامَنْهَجِيَّةِ . 4) الْعَوَامِلُ الدَّاعِمَةُ هِيَ الْمُعَلِّمِينَ ذَوِي الْخِبْرَةِ ، وَالطُّلَّابُ لَدَيْهِمْ اهْتِمَامَاتٌ وَمَوَاهِبُ ، وَمَرَافِقُ كَامِلَةٌ وَبِنْيَةٌ تَحْتِيَّةٌ ، وَالْبِيئَةُ وَدَوْرَ أَوْلِيَاءِ الْأُمُورِ. تَتَمَثَّلُ الْعَوَامِلُ الْمُثَبِّطَةُ لِاسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ فِي الْأَنْشِطَةِ الْمَدْرَسِيَّةِ الدَّاخِلِيَّةِ الْكَثِيفَةِ الَّتِي تُؤَدِّي إِلَى إِرْهَاقِ الطُّلَّابِ بِسُرْعَةِ وَنَقْصِ الْحَمَاسِ لِلتَّعَلُّمِ فِي الْفَصْلِ وَالْأَنْشِطَةِ اللَّامِنْهَجِيَّةِ؛, 5) تَقْيِيمُ اسْتِيعَابِ قِيَمِ الشَّخْصِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ عَلَى الْأَنْوَاعِ وَالْأَهْدَافِ وَالْعَمَلِيَّاتِ مِنْ خِلَالِ تَقْيِيمَاتٍ يَوْمِيَّةٍ وَأُسْبُوعِيَّةٍ وَشَهْرِيَّةٍ وَنِصْفِ سَنَوِيَّةٍ وَسَنَوِيَّةٍ.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai-nilai; Karakter Islami
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Insan Nulyaman
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:23
Last Modified: 03 Aug 2022 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54481

Actions (login required)

View Item View Item