Pengaruh waktu aplikasi ekstrak daun suren (Toona sureni) terhadap serangan ulat grayak (Spodoterla litura) pada tanaman sawi hijau (Brassica juncea. L) var. Tosakan

Agustin, Siska (2022) Pengaruh waktu aplikasi ekstrak daun suren (Toona sureni) terhadap serangan ulat grayak (Spodoterla litura) pada tanaman sawi hijau (Brassica juncea. L) var. Tosakan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman sawi (Brassica juncea L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berbagai macam kendala sering ditemukan dalam melakukan budidaya suatu tanaman. Salah satu kendala yang sering dijumpai adalah adanya kerusakan tanaman yang disebabkan oleh organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti hama ulat grayak (Spodoptura litura). Upaya yang dapat diilakukan untuk melindungi tanaman dari serangan hama ulat grayak (Spodoptura litura) salah satunya adalah menggunakan ekstrak daun suren (Toona suureni) yang berperan sebagai pestisida nabati serta bersifat ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu apliaksi ekstrak daun suren yang paling efektif dalam menekan serangan hama ulat grayak (spodoptera litura) dalam pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.) var. Tosakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2021 di lahan pertanian yang bertempat di Kp. Babakankadu, Desa Jahiang, Kec.Salawu, Kab.Tasikmalaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 6 kali ulangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat pengaruh ekstrak daun suren terhadap mortalitas ulat grayak, intensitas kerusakan, tinggi tanaman, jumlah daun, bobot brangkasan basah, bobot brangkasan kering, dan nisbah pupus akar (NPA). Waktu aplikasi ekstrak daun suren yang paling efektif yaitu pada 0 HST (P1) dan 7 HST (P2) dengan konsentrasi 6.25% dan dosis pengaplikasian 20ml/tanaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Daun Suren; Sawi Hijau (Brassica juncea L) var. Tosakan; Ulat Grayak; Waktu Aplikasi.
Subjects: Plant Injuries > Animal Pests
Plant Injuries > Insect Pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Siska Agustin
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:54
Last Modified: 03 Aug 2022 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54478

Actions (login required)

View Item View Item