Manajemen mutu terpadu dalam proses pembelajaran agama pada peserta didik berkebutuhan khusus : Penelitian di SLB B Cicendo dan SLB D YPAC Bandung

Canida, Rosalia (2022) Manajemen mutu terpadu dalam proses pembelajaran agama pada peserta didik berkebutuhan khusus : Penelitian di SLB B Cicendo dan SLB D YPAC Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Prestasi Peserta didik Berkebutuhan Khusus yang belum optimal dikarenakan proses pembelajaran Agama pada SLB belum mendapat perhatian khusus dari Pemerintah baik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Agama. Disisi lain, Kepala Sekolah sudah mengupayakan proses pembelajaran Agama dapat berjalan optimal dan sudah melakukan serangkaian tahapan manajemen agar sekolah berkualitas dan bermutu yaitu dengan terakreditasi A serta mengikuti berbagai program pemerintah seperti sekolah penggerak dan penguatan karakter profil pelajar pancasila kepada para peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen mutu terpadu di SLB B Cicendo dan SLB D YPAC sesuai dengan rumusan yang sudah di formulasikan sesuai dengan teori. Adapun proses identifikasi yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan tindak lanjut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu terpadu pada SLB Cicendo yang sudah menggunakan ISO 9001:2008 tidak dilanjutkan karena sangat kompleks dan lebih memilih menggunakan akreditasi bentuk kualitas dan penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan program pendidikan dan sudah diakui oleh Nasional. Kemudian SLB YPAC yang merupakan SLB Swasta sudah terakreditasi A dan memiliki 16 Cabang se-Indonesia namun masih terkendala dalam proses pembelajaran Agama untuk para peserta didik Tunagrahita dan Tunadaksa karena sejak tahun 2019 tidak ada guru bidang studi agama islam yang mengisi pembelajaran agama dan digantikan oleh guru kelas. Oleh karena itu, SLB Cicendo dan SLB YPAC melakukan Plan-Do-Check-Act (PDCA) sebagai bentuk manajemen mutu diantaranya melalui perencanaan yaitu Rapat Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kerja Sekolah (RKS). Pelaksanaan Manajemen Mutu melalui tahap continuous improvement, quality assurance, change of culture, upside down organization, dan keeping close to the customer. Selanjutnya pengendalian difokuskan terhadap unsur input, proses dan output pendidikan. Kemudian tahap terakhir adalah tindak lanjut manajemen mutu adalah tindakan sehingga kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah berupa refleksi terhadap proses dan hasil serta menetapkan prosedur untuk melakukan perubahan yang telah dicapai yang disesuaikan pada kondisi yang dinilai kurang sesuai dengan harapan atau standar mutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu Terpadu; Proses Pembelajaran Agama; Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rosalia Canida
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:32
Last Modified: 08 Aug 2022 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54462

Actions (login required)

View Item View Item