Strategi Fundraising dana wakaf produktif dalam meningkatkan kepercayaan wakif: Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung

Nur'aini, Rafika Tri (2022) Strategi Fundraising dana wakaf produktif dalam meningkatkan kepercayaan wakif: Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya menyejahterakan ummat, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung menganggap bahwa dalam meningkatkan produktivitas wakaf, sebagai penghimpun dana wakaf harus selalu berusaha profesional serta selalu meningkatkan keahliannya dalam rangka melakukan berbagai macam inovasi yang bisa menunjang dalam kehaliannya dalam fundraising. Fungsi Fundraising tidak hanya ada pada konteks peningkatan penghimpunan sumber-sumber aset wakaf saja, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan produktifitas aset-aset wakaf yang ada, yang dinilai belum optimal. Maka dari itu, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung yang merupakan lembaga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan menjadi wadah untuk pembelanjaan harta terutama dana wakaf produktif yang semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan memberikan asas kebermanfaatan bagi sesama manusia melalui wakaf produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang terdiri dari perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi dalam fundraising dana wakaf produktif dalam meningkatkan kepercayaan wakif di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung Teori yang dipilih dalam penelitian ini yaitu teori manajemen strategi menurut Fred R. David yang terdiri atas tiga proses yaitu: (1) Perumusan trategi, (2) mplementasi strategi, (3) Evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan, menggambarkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh, luas dan mendalam melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa yang dilakukan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung ini terdiri atas tiga proses yaitu formulasi strategi berupa pengembangan misi yang disertai dengan analisis lingkungan yang baik secara internal,maupun eksternal, penetapan tujuan, strategi serta kebijakan. Selanjutnya mengimplementasikan strategi dalam bentuk program-program dengan dibantu anggaran yang ada serta prosedur dalam proses penimplementasiannya. Selanjutnya proses evaluasi strategi yang didalamnya terdapat proses peninjauan faktor-faktor internal dan eksternal, menggukur prestasi serta mengambil tindakan korektif. Ketiga proses tersebut dalam pelaksanaanya telah berjalan dengan baik dan optimal. Oleh karena itu, hngga saat ini proses fundraising dana wakaf produktif dalam meningkatkan kepercayaan wakif telah memberikan peran serta kontribusi yang sangat penting pada sasaran serta tujuan yang akan dicapai yaitu untuk menyejahterakan ummat terkhususnya anak yatim, hafidz Qur’an, kaum dhuafa serta masyarakat tidak mampu melalui dana wakaf yang dikumpulkan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Hilal Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Fundraising; Wakaf Produktif;
Subjects: Islam
Islam > Zakat
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rafika Tri Nur'aini
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:37
Last Modified: 03 Aug 2022 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54459

Actions (login required)

View Item View Item