Pengaruh komunikasi keluarga dan Celebrity Worship terhadap perilaku pembelian kompulsif pada penggemar Bangtan Sonyeondan

Karim, Sekar Fadillah Nurul (2022) Pengaruh komunikasi keluarga dan Celebrity Worship terhadap perilaku pembelian kompulsif pada penggemar Bangtan Sonyeondan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Pembelian kompulsif merupakan perilaku membeli suatu produk yang cenderung sejenis dengan frekuensi tinggi, menimbulkan kesenangan saat proses membeli, namun menyesal setelah membelinya. Fenomena ini juga banyak dijumpai pada remaja penggemar BTS (Bangtan Sonyeondan). Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang akan berdampak negatif baik secara materil maupun psikis, seperti penyesalan mendalam, frustasi, terlilit hutang, konflik interpersonal dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah komunikasi keluarga dan celebrity worship mempengaruhi perilaku pembelian komplusif pada penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional prediktif, sampel diambil secara random sebanyak 285 penggemar BTS yang tergabung dalam grup jual beli merchandise di Line. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity worship mempengaruhi perilaku pembelian komplusif pada remaja penggemar BTS. Pembelian kompulsif pada remaja penggemar BTS tidak dipengaruhi oleh komunikasi keluarga secara parsial, namun ketika bersama-sama dengan celebrity worship, dapat menjadi prediktor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelian kompulsif; komunikasi keluarga; celebrity worship; penggemar BTS; merchandise.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Sekar Fadillah Nurul Karim
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:12
Last Modified: 03 Aug 2022 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54457

Actions (login required)

View Item View Item