Manajemen tenaga pendidik madrasah tsanawiyah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tomo Kabupaten Sumedang

Basyriah, Ira Maryatul (2013) Manajemen tenaga pendidik madrasah tsanawiyah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tomo Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisii.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri Tomo Kabupaten Sumedang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang Islami dalam proses pembelajarannya. Penamaan Tomo yang digunakan oleh MTs mengacu pada daerah tempat MTsN ini berada. Yakni di jalan Raya Tomo Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang.Dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh komponen-komponen pendidikan, salah satunya pendidik (guru). Pendidik adalah salah satu bagian penting dalam pendidik, karena dapat menciptakan generasi bangsa yang kompeten. Adapun upaya-upaya untuk memperbaiki kualitas tenaga pendidik telah dilakukan diantaranya peningkatan kualifikasi tenaga pendidik, melalui seminar-seminar, diklat, workshop, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil madrasah, konsep manajemen tenaga pendidik, pelaksanaan tenaga pendidik, faktor penunjang dan penghambat, serta bagaimana hasil yang diperoleh dari pelaksanaan manajemen tenaga pendidik di MTsN Tomo Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa jika pengelolaan tenaga pendidik di MTsN Tomo baik akan menjamin suatu kegiatan pendidikan yang efektif dan efisien, dilihat dari profil dan kondisi objektif madrasah, bagaimana konsep manajemen tenaga pendidik dan hasil yang dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan teknik menyalin dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis data dengan penafsiran deskrptif semata-mata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penyelenggaraan pendidikan di MTsN Tomo Sumedang didukung dengan adanya manajemen tenaga pendidik yang baik. Perencanaan yang matang dan baik itu kompetensi yang harus dipenuhi oleh tenaga pendidik, dalam pengorganisasian seleksi tenaga pendidik telah sesuai dengan keahliannya. Sedangkan didalam pelaksanaan seleksi tenaga pendidik telah sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah. Dan adanya pengawasan yang intensif oleh kepala madrasah, pemerintah, dan masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi manajemen di MTsN Tomo telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang telah diacapai. Keberhasilan inipun tidak terlepas dari adanya faktor penunjang yaitu pendidik yang berkompeten dan memiliki motivasi tinggi dalam mengajar, disamping itu kedisiplinan siswa yang baik menjadi faktor penunjang, selain itu juga prestasi-prestasi siswa yang membanggakan. Dengan demikian tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:06
Last Modified: 24 Jan 2018 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item