Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi experiment terhadap siswa kelas X SMK plus Al-Farhan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi

Noviana, 'Aina (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi experiment terhadap siswa kelas X SMK plus Al-Farhan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa yang masih relatif rendah khususnya pada mata pelajaran PAI. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional yaitu metode ceramah, kadang-kadang menggunakan metode tanya jawab dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, 2) Hasil belajar siswa sebelum proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, 3) Hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan 4) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang menyenangkan karena adanya games tournament serta penghargaan. Hal tersebut diasumsikan dapat memberi motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang kemudian diharapkan dapat menjadikan hasil belajar siswa lebih baik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament maka semakin baik hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, begitupun sebaliknya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment. Bentuk desain quasi experiment yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Plus Al-Farhan, dengan sampel yaitu siswa kelas X.1 Multimedia sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.3 Multimedia sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain analisis keterlaksanaan observasi, uji Mann Whitney dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berlangsung baik dengan keterlaksanaan sebesar 84,6%, 2) Hasil belajar siswa sebelum proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki nilai rata-rata 67,5, 3) Hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki nilai rata-rata 72,5, dan 4) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 6,42 dengan N-Gain sebesar 0,15.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament; Hasil Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aina Noviana
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:24
Last Modified: 02 Aug 2022 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54428

Actions (login required)

View Item View Item