Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini melalui metode Cantol Raudhoh : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung

Komala, Heti Noor (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini melalui metode Cantol Raudhoh : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan di kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung, yakni rendahnya kemampuan membaca huruf hijaiyah, hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru belum maksimal. Guru telah melakukan berbagai upaya dalam mengajarkan huruf hijaiyah, namun hasilnya masih belum maksimal. Penulis mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ditemukan, seperti; anak belum lancar membaca huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya, anak belum mampu melafazkan huruf hijaiyah dengan tepat dan masih ada anak yang belum bisa menyebutkan huruf hijaiyah. Oleh karena itu, sebagai solusinya peneliti menggunakan metode cantol raudhoh supaya kemampuan membaca huruf hijaiyah meningkat. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kemampuan membaca huruf hijaiyah sebelum menggunakan metode cantol raudhoh; (2) penggunaan metode cantol raudhoh dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada setiap siklus; dan (3) kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung setelah menggunakan metode cantol raudhoh pada setiap siklus. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung, sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45,8 dengan kategori gagal, kemudian pada siklus I mencapai angka 78,3 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai angka 95,98 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dalam penggunaan metode cantol raudhoh dilihat dari aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,85% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,43% dengan kategori sangat baik. Demikian pula halnya aktivitas anak dengan nilai rata-rata sebesar 62,95% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,46%. Hasil dari penelitian di atas mengacu pada teori yang memiliki pendapat bahwa kemampuan membaca, melafalkan dan menyebutkan kalimat secara benar dalam bahasa Arab sangat dipengaruhi oleh pengenalan anak dengan hal-hal yang terkait menyusun rangkaian kalimat dalam bahasa Arab tersebut. Huruf hijaiyah sendiri merupakan huruf untuk kata penyusun dalam alquran, seperti dalam bahasa Indonesia memiliki huruf alfabet dalam menyusun sebuah kata menjadi kalimat, maka huruf hijaiyah pun memiliki peran yang sama dalam menjadikan sebuah kata menjadi kalimat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah yaitu dengan mengadaptasikan metode cantol raudhoh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan; Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah; Anak Usia Dini; Metode Cantol Raudhoh
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Heti Noor Komala
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:26
Last Modified: 02 Aug 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54420

Actions (login required)

View Item View Item