Penggunaan LKS berbahan ajar rumus Mawaris dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa : Penelitian pada kelas XI IPA di MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung

Nabilah, Ebi (2022) Penggunaan LKS berbahan ajar rumus Mawaris dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa : Penelitian pada kelas XI IPA di MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi mawaris. Padahal, pembelajaran materi mawaris di sekolah menggunakan bahan ajar LKS. LKS yang digunakan berkategori baik, karena berdasar pada aspek didaktik, konstruksi dan teknik. Penyajian materi dalam LKS juga disajikan menggunakan teknik konvensional dan diskusi, sehingga dapat memaksimalkan proses transfer ilmu pengetahuannya. Namun, pada kenyataannya pembelajaran tersebut belum dapat memenuhi motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa hampir keseluruhan berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Proses penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, 2) Pengaruh penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) Pengaruh penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, 4) Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini berpijak dari pemikiran Dhari dan Haryono, yang mengatakan bahwa LKS sebagai penunjang untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar dapat mengoptimalkan hasil belajar. Namun, menurut Abdul Majid, dalam proses menyelesaikan tugas-tugas sebuah lembar kegiatan dengan baik, maka harus dilengkapi dengan buku lain atau referensi lain yang terkait dengan materi tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI. Sampel yang digunakannya kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan XI IPS sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Proses penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris menggunakan prinsip perbandingan. Yaitu, membandingkan ahli waris yang satu dengan ahli waris yang lain. 2) Penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai rata-ratanya yaitu 75.48 atau pada kategori baik. 3) Penggunaan LKS berbahan ajar rumus mawaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji hipotesisnya, yaitu 0.001 < 0.05 atau Ho ditolak. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control dengan uji hipotesisnya, yaitu 0.000 < 0.05 atau Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKS; rumus mawaris; motivasi; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ebi Nabilah
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:19
Last Modified: 02 Aug 2022 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54413

Actions (login required)

View Item View Item