Pengaruh media E-Learning madrasah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas X MAN 1 Subang

Hakiki, Siti Sindi (2022) Pengaruh media E-Learning madrasah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas X MAN 1 Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala hal yang mampu dimanfaatkan dalam menginformasikan suatu sumber dengan penuh persiapan, supaya terbentuk suasana pembelajaran yang kondusif, efisien, dan efektif (Ayshar, 2011). Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang sudah menerapkan e-learning madrasah sebagai platform pembelajaran daring yang mudah diakses oleh warga sekolah. Fitur-fitur yang berada di dalamnya sudah mendukung proses pembelajaran, mulai dari pembuatan kelas, sampai evaluasi. Akan tetapi, dalam pemanfaatan media e-learning madrasah khususnya pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang, beberapa siswa cenderung lambat dalam mengirimkan tugas, kurang cekatan dalam mengunduh file materi yang guru kirimkan, dan kurangnya respon dalam forum e-learning madrasah. Valentina Arkorful dalam jurnalnya menjelaskan bahwa dari penggunaan e-learning, setiap peserta didik memiliki kebebasan dalam memilih waktu dan tempat yang sesuai untuk belajar, dan e-learning efektif dalam meningkatkan pengetahuan, dikarenakan mudahnya akses ke sejumlah besar informasi (Arkorful, 2014). Dari uraian sebelumnya, peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian dan mencermati proses pembelajaran yang terjadi di MAN 1 Subang mengenai media e-learning madrasah yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, serta ingin mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Di mana populasi yang diambil berasal dari kelas X MAN 1 Subang dengan sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa, tepatnya 9 orang dari 7 kelas di Angkatan kelas X. penelitian ini dilaksanakan selama satu minggu dengan menyebarkan angket berisi dua puluh satu item soal yang harus diisi oleh responden. Penerapan proses pembelajaran pada mapel fikih di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang menggunakan e-learning madrasah diteliti dengan melakukan penyebaran angket kepada 63 siswa dalam satu angkatan yaitu dari kelas X IPA 1 sampai dengan kelas X IPS 3. Realitas penerapan media e-learning madrasah pada mapel fikih memiliki skor 3,8 yang termasuk dalam kategori baik. Adapun realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih memiliki skor 3,65 yang termasuk dalam kategori baik. Dari hasil uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Rank Spearman pada aplikasi SPSS 25, diketahui nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dari itu dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara variable X dengan variable Y. Di mana, 0,000 < 0,05. Dari output di atas pun didapatkan angka koefisien korelasi sebesar .518 yang artinya tingkat kekuatan korelasi memiliki hubungan yang kuat. Maka dari itu Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Terdapat pengaruh positif media e-learning madrasah (X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Subang (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media E-Learning Madrasah; Hasil Belajar Siswa; Fikih
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sindi Hakiki
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:47
Last Modified: 03 Aug 2022 05:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54380

Actions (login required)

View Item View Item