Strategi komunikasi penyiar radio : Studi deskriptif pada Play99ers Radio 100Fm Bandung dalam program Pulang Sore

Auliya, Zilfa Milky (2022) Strategi komunikasi penyiar radio : Studi deskriptif pada Play99ers Radio 100Fm Bandung dalam program Pulang Sore. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Radio merupakan salah satu media massa yang kredibilitas dan eksistensinya masih tinggi pada era modern ini. Radio tidak terlepas dari seorang penyiar yang merupakan garda terdepan dari radio. Keberhasilan stasiun radio juga ditentukan oleh keberhasilan program yang disiarkannya. Dan untuk memperoleh keberhasilan tersebut tentu dibutuhkan strategi yang baik agar produksi siaran radio dapat berjalan sesuai target yang diinginkan. Play99ers Radio 100 FM Bandung merupakan salah satu radio di Kota Bandung yang memiliki program unggulan Pulang Sore di pandu oleh penyiar profesional yang yang saat ini masih digemari oleh pendengarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi emosi (communication of emotion), proyeksi kepribadian (projection of personality) dan control suara (voice control) yang di terapkan penyiar pada program Pulang Sore sehingga menjadi salah satu program yang diunggulkan oleh Play99ers Radio 100 FM Bandung. Peneliti menggunakan model Strategi Komunikasi Penyiar menurut Ben G. Henneke dalam bukunya yang berjudul Radio Announcer’s Hand Book yang menyebutkan komunikasi emosi (communication of emotion), proyeksi kepribadian (projection of personality) dan control suara (voice control) adalah bentuk dari staretegi komunikasi penyiar. Model tersebut memaparkan aspek-aspek strategi komunikasi penyiar radio dalam menghasilkan siaran yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan pendekatan studi dengan menyelidiki peristiwa dan berusaha untuk mendapatkan pengertian dan juga pemahaman yang lebih mendalam dari seseorang. Dengan menggunkaan paradigma kontruktivisme. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa penyiar pada program Pulang Sore menerapkan komunikasi emosi (communication of emotion), proyeksi kepribadian (projection of personality) dan control suara (voice control) dengan menggunakan aspek teknik membaca naskah (script reading) yang memuat memahami dan menghayati isi naskah, tanda baca khusus, gaya tutur kata, gesture, dan keaslian suara, kelincahan berbicara, keramahtamahan, adaptif, pola titi nada, tempo kerasnya suara dan kadar suara sehingga menghasilkan siaran yang interaktif dan informatif. ENGLISH : Radio is one of the mass media whose credibility and existence is still high in this modern era. Radio is inseparable from an announcer who is at the forefront of radio. The success of a radio station is also determined by the success of the program it broadcasts. And to achieve this success, of course, a good strategy is needed so that radio broadcast production can run according to the desired target. Play99ers Radio 100 FM Bandung is one of the radio stations in the city of Bandung which has the flagship program Pulang Sore hosted by professional broadcasters who are still loved by listeners. The purpose of this study was to find out how communication of emotion, projection of personality and voice control were applied by broadcasters to the Pulang Sore program so that it became one of the programs featured by Play99ers Radio 100 FM. Bandung. The researcher uses the Broadcaster Communication Strategy model according to Ben G. Henneke in his book entitled Radio Announcer's Hand Book which states that communication of emotion, projection of personality and voice control are forms of broadcaster communication strategies. This model describes aspects of radio broadcaster's communication strategy in producing good broadcasts. This study used qualitative research methods. With a study approach by investigating events and trying to gain understanding and also a deeper understanding of someone. By using constructivism paradigm. The results of the study prove that broadcasters in the Pulang Sore program apply communication of emotion, projection of personality and voice control using aspects of script reading techniques that include understanding and appreciating the contents of the script, special punctuation, speech style, gesture, and voice authenticity, speaking agility, hospitality, adaptability, pitch pattern, loud tempo and sound level so as to produce interactive and informative broadcasts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penyiar; Komunikasi Emosi; Proyeksi Kepribadian; Kontrol Suara
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zilfa Auliya
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:04
Last Modified: 04 Aug 2022 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54375

Actions (login required)

View Item View Item