Produksi pesan dakwah Bil-Kitabah melalui ilustrasi digital: Studi kasus pada akun Instagram @Qomikin

Nurhasanah, Dewi (2022) Produksi pesan dakwah Bil-Kitabah melalui ilustrasi digital: Studi kasus pada akun Instagram @Qomikin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan aktivitas menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Di era digital ini cara untuk menyampaikan pesan dakwah semakin beragam dengan berbagai media dan metode yang leih inovatif dan kreatif. Salah satunya ialah menyampaikan pesan dakwah bil-kitabah melalui ilustrasi digital. Namun, untuk dapat melakukannya diperlukan pengetahuan yang mumpuni dan juga mengetahui mengenai alur, pola, maupun tahapan dalam proses produksinya,. Sehingga mengetahui proses produksi sebuah pesan dakwah bil-kitabah melalui ilustrasi digital menjadi diperlukan untuk menunjang tercapainya tujuan dakwah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Content knowledge yang dimiliki oleh illustrator sekaligus pemilik akun @Qomikin dan untuk mengetahui mengenai Procedural Knowledge atau tahapan dalam proses produksi pesan dakwah bil-kitabah dalam bentuk ilustrasi digital akun @Qomikin dengan berbagai macam metode penguraian pada bagian hasil penelitian dan pembahasan. Adapun dasar dari penelitian ini ialah dari asumsi Teori Produksi Pesan Komunikasi John Green yakni Action Assembly Theory(Teori Kumpulan Tindakan). Asumsi ini kemudian menjadi alat untuk menguraikan pertanyaan penelitian yakni mengenai Content knowledge dan Procedural Knowledge . Metode penelitian yang digunakan ialah metode studi kasus pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme dengan didukung oleh data yang dihasilkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa, mengenai Content knowledge yang dimiliki oleh illustrator pada akun @Qomikin sangat beragam, tetapi yang menjadi pengetahuan utama ialah wawasan dan literatur konten, sedangkan pengetahuan pendukung yakni tren perkembangan berita. Adapun untuk Procedural Knowledge atau tahapan produksi yang dilakukan dimulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Bil-kitabah; Produksi Pesan; Ilustrasi Digital; Qomikin
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dewi Nurhasanah
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:54
Last Modified: 01 Aug 2022 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54362

Actions (login required)

View Item View Item