Harmonisasi ritme dan fungsi sosial dalam Nadzom Tanwiirul Hijaa' Ala Nadzmi Safinnatunnaja karya Syeikh Ahmad bin Shoddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany: Kajian Qawafi

Nihayatushoffah, Afwa (2022) Harmonisasi ritme dan fungsi sosial dalam Nadzom Tanwiirul Hijaa' Ala Nadzmi Safinnatunnaja karya Syeikh Ahmad bin Shoddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany: Kajian Qawafi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah syair khususnya syair yang berbahasa Arab ada bagian penting yang berada pada akhir bait. Bagian ini disebut dengan qafiyah. Qafiyah mempunyai peran yang sangan penting dalam adanya sebuah syair, dan hal ini berlangsung secara terus menerus dari jaman dahulu hingga pada saat ini. Hal ini bisa dilihat dari syair karangan syeikh Ahmad bin Shiddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany yang terkenal di Tanah Jawa. Syeikh Ahmad bin Shiddiq ini dikenal sebagai seorang penyair yang sangah mahir dalam mebuat sebuah syair-syair Arab dengan spontan. Salah satu karangan yang ia tinggalkan yaitu sebuah nadzom yang berjumlah sebanyak 312 bait yang berjudul “Tanwiirul Hijaa” yang di dalamnya berhubungan dengan keyakinan/aqidah dan ibadah. Dalam penelitian ini terdapat dua tujuan. Tujuan yang pertama, yaitu untuk menjelaskan harmonisasi ritme dalam nadzom Tanwiirul Hijaa` Ala nadzmi Safinnatunnaja karya Syeikh Ahmad Bin Shoddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany. Tujuan yang kedua, yaitu untuk mengetahui fungsi sosial dalam nadzom Tanwiirul Hijaa` Ala nadzmi Safinnatunnaja karya Syeikh Ahmad Bin Shoddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka/analisis nadzom, sumber data penelitian ini adalah nadzom Tanwiirul Hijaa` Ala nadzmi Safinnatunnaja karya Syeikh Ahmad Bin Shoddiq Al-Lasemy Al-Pasuruany yaitu dengan proses menganalisis pada data yang berbentuk syair. Data yang didapat dengan metode membaca nadzom, menuliskan kembali nadzom, mecatat hal penting yang sesuai, serta mencari data yang menjelaskan fungsi dari nadzom. Hasil penelitian ini terkait dengan ilmu qafiyah yang dilihat dari huruf-huruf qafiyah, harokat-harokat qafiyah, ragam-ragam qafiyah, nama-nama qafiyah, dan aib-aib/uyub qafiyah. Serta fungsi sosial yang terdapat dalam nadzom berupa untuk pendidikan atau ilmu keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Sosial; Tanwirul Hija; Nadzom; Qafiyah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Afwa Nihayatushoffah
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:31
Last Modified: 02 Aug 2022 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54347

Actions (login required)

View Item View Item