Dampak gaya hidup Hedonis di kalangan mahasiswi terhadap prestasi akademik : Penelitian pada mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018

Khossyyatilah, Ayu (2022) Dampak gaya hidup Hedonis di kalangan mahasiswi terhadap prestasi akademik : Penelitian pada mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada masa perkembangan zaman saat ini anak muda khususnya mahasiswa akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang mewah dan mudah ditemukan, yang akan mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan kesenangan, apalagi sudah banyak jenis media dan perangkat elektronik seperti internet, telepon selular dan gadget lainnya, sehingga dapat berpengaruh pada proses belajar dan gaya hidup mahasiswa. Mencari kesenangan dan kenikmatan yang bersifat konsumtif menjadi kebiasaan mereka dan menjadi tujuan utama hidupnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk gaya hidup hedonis pada Mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018, untuk mengetahui alasan yang mendasari para Mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018 menjalani gaya hidup hedonis, dan untuk mengetahui dampak gaya hidup hedonis di kalangan mahasiswi sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018 terhadap prestasi akademik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teori Masyarakat Konsumtif Jean Baudrillard yang mengungkapkan bahwa menginginkan hal yang sedang trend dan bukan termasuk kebutuhannya yang hanya ingin memuaskan keinginan saja dan memberikan kesenangan terhadap dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana untuk menggambarkan fakta yang terjadi di lapangan mengenai fenomena dampak gaya hidup hedonis di kalangan mahasiswi terhadap prestasi akademik. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk gaya hidup hedonis yang dijalani oleh Mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu, kecanduan berbelanja, boros membeli makanan fastfood, dan nongkrong di café. Kemudian alasan mereka menjalani gaya hidup hedonis ini karena untuk menyenangkan diri mereka atau biasa disebut self reward, mendapatkan fasilitas pendukung dari orang tuanya, mempertahankan harga dirinya terhadap teman-temannya, dan menyesuaikan dengan kondisi kelompoknya. Munculah dampak pada prestasi akademik bagi mereka yang menjalani gaya hidup hedonis yaitu, penundaan dalam pengerjaan tugas, kurangnya minat beli buku, dan muncul sikap berbohong kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup; hedonisme; mahasiswi; konsumtif; prestasi akademik
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ayu Khossyyatilah
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:50
Last Modified: 01 Aug 2022 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54326

Actions (login required)

View Item View Item