Implikasi zikir Tarekat Naqsabandiyah terhadap perilaku altruisme: Studi deskriptif pada santri Tarekat Naqsabandiyah di Ponpes Al-Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung

Fitriani, Assyfa Nur (2020) Implikasi zikir Tarekat Naqsabandiyah terhadap perilaku altruisme: Studi deskriptif pada santri Tarekat Naqsabandiyah di Ponpes Al-Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang ini, keadaan hidup manusia mengalami banyak perubahan. Manusia dengan mudah terlena dengan dunia akibat dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini lambat laun dapat mempengaruhi kehidupan manusia dalam segi emosional, spiritual, dan sosial. Nilai-nilai dasar dalam masyarakat seperti sikap kekeluargaan, solidaritas, sopan santun, dan tolong menolong semakin menurun akibat perkembangan zaman tersebut. Dalam hal ini, tolong menolong yang sudah menjadi ciri dalam kehidupan bermasyarakat, semakin terlupakan dan menjadi hal yang dianggap tidak biasa. Meskipun begitu, akan ada saatnya dimana kita dihadapkan pada situasi memberi pertolongan, dan di waktu lain kita juga bisa dalam keadaan membutuhkan pertolongan. Untuk mendapatkan data yang lebih mendalam, maka penulis meneliti melalui skripsi yang berjudul “Implikasi Zikir Tarekat Naqsabandiyah terhadap Perilaku Altruisme (Studi Deskriptif pada Santri Tarekat Naqsabandiyah di Ponpes Al-Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan cara mengamalkan zikir yang ada di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah 1, yang dilakukan oleh para santri dan pengikut Tarekat Naqsyabandiyah di Ponpes Al-Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka. Secara umum, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada kekuatan analisis data sumber-sumber data yang ada. Sehingga, hasil penelitian tidak berupa angka-angka, melainkan berupa interpretasi data dan kata-kata. Karena, metode ini cocok untuk mengungkapkan, menggali dan menganalisis masalah yang terjadi pada zaman sekarang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga mengunakan pendekatan fenomenologi, yaitu menekankan pada pengalaman pribadi dan studi kepustakaan sebagai literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan berzikir dan mengamalkannya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah dengan selalu mengingat Allah. Zikir juga dapat menjadi sarana kita untuk mendekat kepada Allah. Oleh karena itu, zikir dapat membawa kita kepada kehidupan yang lebih baik, bersikap dan bertutur kata baik, hidup damai, saling membantu, jauh dari rasa gelisah, penyakit hati dan sifat-sifat tercela.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir; Tarekat Naqsabandiyah; Altruisme; Pondok Pesantren
Subjects: Ethical Systems > Altruism
Islam > Dhikr, Qiblah
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Assyfa Nur Fitriani
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:10
Last Modified: 29 Jul 2022 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54281

Actions (login required)

View Item View Item