Pengaruh pemahaman Wara dan Zuhud terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi: Studi kuantitatif mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 pengguna Marketplace

Alifiyyah, Sarah Yasmin (2022) Pengaruh pemahaman Wara dan Zuhud terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi: Studi kuantitatif mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 pengguna Marketplace. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif ini fenomena yang banyak terjadi di kehidupan remaja. Terlebih lagi di masa pandemi covid-19 ini membuat mahasiswa menjadi terbatas sehingga tidak bisa pergi berbelanja ke mall, supermarket, tempat makan, dan kegiatan berbelanja lain seperti biasanya. Sehingga tidak sedikit masyarakat berbelanja melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Dalam penggunaannya, tidak sedikit mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi yang berbelanja berlebihan tanpa memikirkan manfaatnya sehingga mahasiswa memiliki perilaku konsumtif. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep wara dan zuhud pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi, untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pemahaman wara dan zuhud terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 yang menggunakan aplikasi marketplace. Landasan pemikiran dalam penelitian ini mengenai pengaruh pemahaman wara dan zuhud terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa tasawuf psikoterapi dengan teori wara menurut Al-Ghazali, teori zuhud menurut Buya Hamka, dan teori dari Setiaji mengenai perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel, diantaranya adalah variabel Wara (X1 ) dan variabel Zuhud (X2) serta variabel Perilaku Konsumtif (Y) dengan menggunakan teknik uji regresi linier berganda pada aplikasi SPSS Versi 25 for windows. Berdasarkan hasil dari data kuantitatif, diketahui tingkat wara berada pada kategori tinggi (90%), pada tingkat zuhud berada pada kategori tinggi (75%) dan pada tingkat perilaku konsumtif pada mahasiswa berada pada kategori tinggi (77,5%). Pada hasil hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara variabel wara dan variabel zuhud terhadap variabel perilaku konsumtif Maksud dari pengaruh yang negatif ialah semakin naiknya tingkat wara dan zuhud mahasiswa maka perilaku konsumtif dapat semakin menurun. Dengan nilai korelasi sebesar 0,873 dapat diartikan memiliki korelasi dengan tingkat tinggi dan bentuk hubungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wara; Zuhud; Perilaku Konsumtif
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sarah Yasmin Alifiyyah
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:44
Last Modified: 29 Jul 2022 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54275

Actions (login required)

View Item View Item