Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen organisasional : Studi pada pengelola Yayasan Pendidikan di Kecamatan Saguling

Maulidina, Sofia Sifa (2022) Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen organisasional : Studi pada pengelola Yayasan Pendidikan di Kecamatan Saguling. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) terhadap komitmen organisasional (Y). Pada penelitian ini terdapat permasalahan dimana komitmen organisasional para pengelola yayasan mengalami penurunan, hal ini dipicu oleh penerimaan gaji yang kurang sesuai dengan apa yang dikerjakan, sehingga para pengelola mencari pemasukan tambahan baik di luar jam kerja maupun pada saat jam kerja. Sehingga tidak menutup kemungkinan hal ini dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Metode yang digunakan pada penlitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling yaitu teknik yang digunakan untuk menentukan sampel apabila obyek yang akan diteliti atau sumber datanya sangat luas, misalnya penduduk dari suatu negara, provinsi atau kabupaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara awal dengan ketua yayasan, observasi dan kuesioner pada 82 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima dengan kriteria pengujian nilai F hitung lebih besar dari F tabel (44,144 > 3,11). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional. Nilai koefisien determinasi atau R square (R2) yang diperoleh dari data pengolahan untuk pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen organisasional pada pengelola yayasan pendidikan di Kecamatan Saguling sedara simultan adalah sebesar 0,528, ini menunjukkan presentasi pengaruh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen organisasional sebesar 52,8% sedangkan sisanya sebesar 47,2% dipengaruhi oleh penghasilan yang cukup, diperolehnya tunjangan-tunjangan yang dibutuhkan, adanya kesempatan untuk berkembang yang terbuka, hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual; Komitmen Organisasional
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sofia Sifa Maulidina
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:17
Last Modified: 29 Jul 2022 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54266

Actions (login required)

View Item View Item