Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap tugas dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja tentang implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi nomor 7 tahun 2015 : Studi kasus larangan minumal beralkohol di Kabupaten Sukabumi

Mushawwir, Ahmad Dzikri Abdil (2021) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap tugas dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja tentang implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi nomor 7 tahun 2015 : Studi kasus larangan minumal beralkohol di Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini lahir dengan landasan yuridis adanya Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2015 tentang Larangan Minuman Beralkohol. Akan tetapi produk hukum tersebut kurang optimal karena pada faktanya banyak ditemukan peredaran minuman beralkohol yang terjadi di Kabupaten Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui landasan yuridis lahirnya Perda Kabupaten Sukabumi No. 7 Tahun 2015, mengetahui Tugas dan Fungsi Satpol-PP dalam Pelaksanaan Perda No. 7 Tahun 2015, dan mengetahui Tinjaun Siyasah Dusturiyah Terhadap Tugas dan Fungsi Satpol PP dalam Melaksanaan Perda No. 7 Tahun 2015 tentang Larangan Minuman Beralkohol. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa teori, yaitu: teori pembentukan peraturan daerah, teori kepemimpinan, teori efektivitas hukum dan teori kemaslahatan dalam siyasah dusturiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskirptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris serta jenis data yang digunakan jenis data kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari Satpol PP Kabupaten Sukabumi. Kemudian untuk sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, skripsi, tesis, internet dan dokumen lainya yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa Pertama landasan yuridis lahirnya Perda Kabupaten Sukabumi No. 7 Tahun 2015 adalah adanya bahaya akibat mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan gangguan kesehatan, keamanan, ketentraman, ketertiban, tumbuh suburnya penyakit masyarakat dan kematian maka perlu adanya aturan larangan minuman beralkohol. Kedua dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya Satpol PP dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat, mengadakan operasi minol, Satpol PP melakukan jebakan, dan memberikan sanksi bagi pelanggaar. Namun terdapat hambatan yang dihadapi terkait keterbatasan anggaran maupun personil, Kab. Sukabumi daerah pariwisata, fasilitas operasional belum lengkap dan rekrutmen Satpol PP belum terselenggara. Dan Ketiga tinjaun siyasah dusturiyah terkait Tugas dan Fungsi Satpol PP dalam melaksanakan Perda No. 7 Tahun 2015 telah mencakup prinsip menghilangkan kemudaratan sehingga tercipta kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Suakbumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Satpol PP; Peraturan Daerah; Larangan Minuman Beralkohol dan Siyasah Dusturiyah.
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Commerce, Trade > Commercial Policy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Ahmad Dzikri Abdil Mushawwir
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:27
Last Modified: 28 Jul 2022 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54226

Actions (login required)

View Item View Item