Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap partisipasi politik lansia pada Pilkada serentak 2020 : Studi kasus di kecamatan Margaasih kabupaten Bandung

Joan, Ilham (2022) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap partisipasi politik lansia pada Pilkada serentak 2020 : Studi kasus di kecamatan Margaasih kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi pemilih lansia pada pilkada serentak di kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilih lansia yaitu 8.786 pemilih yang dilaksanakan dalam situasi pandemi dimana pemerintah berupaya untuk menjaga kemashlahatan lansia karena sesuai dengan maqosid asy-syariah yaitu hifdunnafsi (Menjaga jiwa) namun di lain sisi partisipasi lansia mengalami penurunan, sehingga menjadi problem yang nyata untuk dipecahkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Mekanisme Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Diselenggarakan oleh KPU terhadap kalangan Lansia, untuk mengetahui bagaimana bentuk Partisipasi Politik kalangan lansia pada Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyyah Terhadap Partisipasi Politik Lansia Pada Pilkada Serentak 2020 di Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori maslahah Imam al-Ghazali dan As-Syatibi. Teori ini mendeskripsikan akan memberikan kemanfaatan serta menolak kemadharatan. Karena sebab mencapai kemanfaatan dan menolak kemadharatannya merupakan tujuan dan maksud dari makhluk atau manusia, adapun kemaslahatan atau kebaikan makhluk ada pada tercapainya tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan yuridis empiris sebagai analisis. Dengan menggunakan Teknik analisis dan library research, menjadikan ini sebagai bahan dan yang dikaji berdasarkan studi literatur yang bersumber pada kepustakaan. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah pertama, mekanisme penyelenggaraan pilkada serentak yang diselenggarakan oleh kpu terhadap kalangan lansia tahun 2020 di kecamatan margaasih kabupaten bandung. Dilakukan sesuai dengan peraturan komisi pemilihan umum nomor 7 tahun 2017 dilakukan dengan pemilihan secara langsung dengan memberikan prioritas khusus bagi lansia dan mendatanginya langsung ke rumah pemilih. Kedua, bentuk partisipasi politik kalangan lansia pada pilkada serentak tahun 2020 di kecamatan margaasih kabupaten bandung berdasarkan data yang di dapatkan mengikuti proses penyelenggaraan pilkada serentak yang dilaksanakan. Ketiga, Tinjauan Siyasah Dusturiyyah Terhadap Partisipasi Politik Lansia Pada Pilkada Serentak 2020 di Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Berdasarkan teori maslahah Imam As-Syatibi tentang kemaslahatan, bahwa kemaslahatan pemrioritasan lansia dalam Pilkada serentak sangat dibutuhkan mengingat para lansia yang cenderung tidak bisa dibiarkan menunggu lama di TPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pilkada Serentak;Lansia;Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Civil Rights > Citizen Participation
Political Process
Political Process > Election System
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Election Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Ilham Joan
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:13
Last Modified: 28 Jul 2022 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54176

Actions (login required)

View Item View Item