Pengaruh pemberitaan polemik Vaksin AstraZeneca terhadap ketidaksediaan masyarakat divaksin: Survey terhadap masyarakat Desa Muara Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang 2022

Ningsih, Widia (2022) Pengaruh pemberitaan polemik Vaksin AstraZeneca terhadap ketidaksediaan masyarakat divaksin: Survey terhadap masyarakat Desa Muara Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang 2022. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangan media massa, kemajuan teknologi telah memegang peranan yang penting. Informasi yang dimuat oleh media kini bagaikan arus yang tidak lagi dapat terbendung, bahkan dapat dikatakan liar. Media tidak ubahnya pemasok segala informasi dan peristiwa pada setiap sisi kehidupan masyarakat. Polemik mengenai vaksin AstraZeneca merupakan salah satu topik pemberitaan yang muncul di media. Berbagai informasi beredar mengenai vaksin ini tak jarang diiringi dengan berita sentimental, mulai dari efek penggunaan, hingga kandungan pada vaksin tersebut dinilai haram karena mengandung tripsin babi. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat terlebih vaksin ini digunakan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam. Efek dari pemberitaan tersebut sedikit banyaknya akan mempengaruhi kesediaan masyarakat untuk divaksin. Dimana penolakan vaksin juga bukan hal yang baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberitaan polemik vaksin AstraZeneca (X) terhadap ketidaksedian masyarakat di Desa Muara Kabupaten Subang untuk divaksin (Y). Peneliti menggunakan teori uses and effect dari Svend Windahl, dimana penggunaan media dan seberapa seringnya individu mengkonsumsi media akan menimbulkan efek tertentu berdasarkan persepsi dari informasi yang diterima. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survey atau kuesioner dan sampel sebanyak 99 responden yang merupakan masyarakat Desa Muara yang mengetahui pemberitaan media terkait polemik vaksin astrazeneca. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pemberitaan media terkait polemik vaksin astrazeneca terhadap ketidaksediaan masyarakat Desa Muara untuk divaksin sebesar 30,5%. Dimana ketidaksediaan tersebut terbentuk dari menurunnya kesediaan masyarakat untuk divaksin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pemberitaan; Polemik Vaksin AstraZeneca; Ketidaksediaan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Widia Ningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:45
Last Modified: 27 Jul 2022 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54161

Actions (login required)

View Item View Item