Pengaruh pemberitaan terorisme di media massa terhadap tingkat kecemasan masyarakat: Survei pada masyarakat Kelurahan Muarasari Kota Bogor

Andradita, Todia (2022) Pengaruh pemberitaan terorisme di media massa terhadap tingkat kecemasan masyarakat: Survei pada masyarakat Kelurahan Muarasari Kota Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Terorisme merupakan suatu aksi kejahatan serius yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak diketahui. Aksi teror tersebut menyebabkan kekerasan, kegaduhan, kerusakan, ataupun ancaman di tengah masyarakat yang bertujuan untuk menimbulkan kekacauan dan rasa takut. Berdasarkan data BNPT hingga saat ini dalam kurun waktu 2017 – 2022 ancaman terorisme bergerak fluktuatif. Oleh karena itu, media massa memiliki peran untuk memberikan informasi mengenai isu-isu terorisme kepada masyarakat luas. Berbagai berita terorisme di media massa, dapat memberi pengetahuan bagi masyarakat agar selalu waspada dimanapun berada, tetapi disisi lain dapat mempengaruhi psikologis masyarakat seperti menimbulkan rasa cemas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberitaan terorisme terhadap tingkat kecemasan masyarakat Kelurahan Muarasari, mengetahui adakah pengaruh pemberitaan terorisme di media massa terhadap tingkat kecemasan masyarakat Kelurahan Muarasari, dan mengetahui seberapa besar pengaruh pemberitaan terorisme terhadap tingkat kecemasan masyarakat Kelurahan Muarasari. Teori yang digunakan yaitu teori S-O-R (Stimulus - Organism – Respons) sebagai dasar acuan sesuai dengan masalah yang diteliti. Teori ini menjelaskan bahwa pesan-pesan media massa yang diterima oleh penerima pesan dapat menimbulkan pengaruh atau efek tertentu. Efek yang ditimbulkan yaitu perubahan perilaku ataupun perasaan sebagai reaksi dari penerima pesan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden dengan teknik purposive sampling¬. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, koefisien korelasi, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh pemberitaan terorisme di media massa terhadap tingkat kecemasan masyarakat. Adapun berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh besar pengaruh yaitu sebesar 38,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita; Terorisme; Tingkat Kecemasan;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Todia Andradita
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:48
Last Modified: 27 Jul 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54159

Actions (login required)

View Item View Item